Loading...

Pengamat: Anggota Koalisi Adil Makmur Mulai Tinggalkan Gerindra

Bagaimana Tanggapan Rakyat Sosmed ?


RAKYAT SOSMED -  Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti menilai, berbagai manuver yang dilakukan oleh partai anggota koalisi adil makmur, menunjukkan bahwa ada upaya meninggalkan Gerindra yang masih larut dalam klaim-klaim kemenangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Manuver yang dimaksud adalah saat Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu Jokowi, lalu Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga bertemu dengan Jokowi, hingga kini ada pernyataan politikus PKS Mardani Ali Sera soal kampanye #2019gantipresiden telah usai.

"Apa yang terjadi di barisan 02 ini? Barisan ini mulai tidak kompak. Tiga dari empat partai resmi pendukung 02 seolah mengambil jalan berbeda dengan BPN, lebih khusus lagi dengan Gerindra dan barisan ulama pendukung pasangan 02," ujar Ray Rangkuti kepada Tempo pada Senin, 6 Mei 2019.

Rangkuti menilai, Demokrat, PKS, dan PAN seperti lebih memilih jalan menunda klaim kemenangan Prabowo-Sandi. Mereka juga terlihat tidak banyak mengkritik hasil situng KPU, yang diklaim 02 banyak kejanggalan.

"Sekalipun secara legal, koalisi ini masih berlaku, tetapi secara faktual, mereka nampaknya telah mencari jalan sendiri-sendiri, meninggalkan Gerindra dan barisan ulama pendukung 02 pada keyakinan kemenangan mereka," ujar Rangkuti.

View this post on Instagram

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar acara buka puasa bersama dengan pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/5/3019). Agenda buka puasa bersama pejabat negara ini berlangsung di hari pertama Ramadan 1440 Hijriah. Sejumlah petinggi negara tersebut telah berada di lokasi. Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, para pimpinan lembaga negara itu telah berada di lokasi mulai Ketua MPR Zulkifli Hasan, hingga Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. SD Sementara itu, Presiden Jokowi duduk berdampingan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hingga kepala lembaga negara lainnya mulai Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD Osman Sapta Odang, hingga Ketua MPR Zulkifli Hasan. Hingga berita ini diturunkan, acara buka puasa Jokowi bersama kepala lembaga negara masih belum berlangsung. Selain itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon tak nampak pada acara hari ini.
A post shared by RAKYAT SOSMED (@suarasosmed) on
Tindakan ini, ucap Rangkuti, juga menyiratkan ketidakyakinan akan klaim kemenangan yang sebelumnya mereka dengungkan. "Bahwa hasil quick count adalah hasil yang lebih dipercaya. Artinya, lambat tapi pasti, tiga partai ini lebih menyerahkan hasil pilpres pada perhitungan manual KPU dan berusaha menghindar dari klaim kemenangan," ujar Rangkuti.

Sampai saat ini, memang Gerindra yang kencang mengkritik KPU. Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sampai menyambangi kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum untuk melaporkan KPU atas dugaan kesalahan administrasi pada Kamis, 2 Mei 2019.

Keesokan harinya, giliran Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon dan Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria menyambangi kantor KPU untuk mendesak penghentian Situng KPU untuk sementara.

Terkait dengan koalisi pendukung Prabowo, Sufmi sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya meyakini koalisi masih tetap solid. Hal itu disampaikan setelah adanya pertemuan AHY dengan Jokowi.

"Kami masih yakin dan percaya bahwa Partai Demokrat dan partai koalisi lain masih tetap solid bersama Koalisi Adil Makmur," ujar Dasco di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Mei 2019.

Menurut Dasco, pihaknya tidak bisa melarang pertemuan dari partai koalisi dengan pemerintah. Namun, dia tetap percaya partai politik di Koalisi Adil Makmur masih solid walaupun beberapa pimpinan partai tersebut mengadakan pertemuan dengan Jokowi. "Karena ini kan politik, dinamis dan itu hak politik dari masing-masing partai politik," kata dia.
  • [message]
    • [👀 SUMBER BERITA Dan Judul Asli .]

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,4984,DAERAH,436,EKONOMI,431,INTERMEZO,505,INVESTIGASI,233,JAKARTA,394,Kejadian,489,KIRIMAN NETIZEN,178,KORUPSI,267,KRIINAL,1,KRIMINAL,833,OLAHRAGA,6,OPINI,787,PIALA DUNIA 2018,6,POLITIK,1929,TEKNOLOGI,5,TERORIS,187,VIRAL,2469,WORLD,206,
ltr
item
RAKYAT SOSMED: Pengamat: Anggota Koalisi Adil Makmur Mulai Tinggalkan Gerindra
Pengamat: Anggota Koalisi Adil Makmur Mulai Tinggalkan Gerindra
Bagaimana Tanggapan Rakyat Sosmed ?
https://1.bp.blogspot.com/-y55mvw0L71Y/XNDlNg9XKzI/AAAAAAABCiA/CgZPs0SVOT4OUsfeTcTXU1zyCGKpS5IOwCLcBGAs/s1600/MAKAN%2BBARENG.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-y55mvw0L71Y/XNDlNg9XKzI/AAAAAAABCiA/CgZPs0SVOT4OUsfeTcTXU1zyCGKpS5IOwCLcBGAs/s72-c/MAKAN%2BBARENG.jpg
RAKYAT SOSMED
https://www.suarasosmed.info/2019/05/pengamat-anggota-koalisi-adil-makmur.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2019/05/pengamat-anggota-koalisi-adil-makmur.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy