Loading...

Mahasiswa Unesa Ciptakan Inovasi Baru di Desa Kramatinggil Gresik, Apa Itu?

RAKYAT SOSMED -  SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (UNESA) adalah salah satu Universitas yang dimana setiap tahunnya selalu mengelua...


RAKYAT SOSMED - SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (UNESA) adalah salah satu Universitas yang dimana setiap tahunnya selalu mengeluarkan anak didiknya untuk mengabdikan diri di masyarakat.

Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memiliki 3 point penting yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Untuk menyalurkan pendidikan dan penelitian yang dilakoni mahasiswa di kampus agar dapat bermanfaat di masyarakat, UNESA memiliki mata kuliah wajib dan harus dilakoni mahasiswanya yaitu mata kuliah Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disebut KKN.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini suatu matakuliah yang mengharuskan mahasiswanya terjun langsung di masyarakat untuk mengabdikan apa yang diperoleh di dunia kampus.

UNESA membagi mahasiswanya menjadi beberapa kelompok dan disetiap kelompoknya berasal dari jurusan yang berbeda-beda. Ini bertujuan agar dapat menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat berkesinambungan satu jurusan dengan jurusan lainnya, untuk membuat desa lebih baik.

Setelah pembagian kelompok selesai, UNESA akan menentukan tempat KKN yang akan diterjuni oleh mahasiswanya. Mahasiswa akan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk diarahkan dan dipamitkan kepada desa yang bersangkutan.

Kemudian mahasiswa dituntut proaktif untuk membenahi, menciptakan inovasi-inovasi baru atau, kegiatan yang dapat mensupport berkembangnya desa unntuk menjadi lebih baik.

Salah satunya yang dilakoni oleh kelompok KKN 15 UNESA yang ditugaskan dari UNESA untuk mengemban amanah dan mengabdikan diri selama 3 Minggu di Desa Kramatinggil, Gresik.

Kelompok KKN 15 UNESA melakoni mata kuliah KKN sama seperti kelompok-kelompok yang lain mulai dari membentuk struktuk organisasi, survey desa hingga menyusun kegiatan yang akan dilakoni selama KKN berlangsung.

Untuk kegiatannya sendiri mulai dari membuka bimbingan belajar gratis, ikut mengajar di TPQ, ikut kerja bakti di masyarakat, sosialisasi untuk menjaga kesehatan gigi, sosialisasi masyarakat anti narkoba, dan terdapat satu program kegiatan inovasi berkesinambunngan yang membuat Desa Kramatinggil semakin indah dan bersih.

Program ini dibuat dan dijalankan sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar. Desa Kramatinggil yang terletak diantara pabrik-pabrik industri yang aktif menyebarkan polusi serta dilewati oleh sutet milik Pembangkit Jawa Bali (PJB) yang bertegangan tinggi dan desa ini dekat dengan laut membuat suhu didesa tersebut semakin panas.

KKN 15 UNESA membuat program sesuai program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dan menyesuaikan keinginan dari masyarakat Desa Kramatingginggil.

KKN 15 UNESA membuat progam kegiatan berkesinambungan dengan mengajak seluruh warga baik dari anak kecil, dewasa hingga orang tua untuk aktif membuat desanya menjadi desa eco-wisata.

Mahasiswa KKN 15 UNESA membuat program Desa Kramatinggil Desa Eco-Wisata dengan menggabungkan dua model desa berkembang wisatanya yaitu Desa Gelintung, Malang yang terkenal dengan Gelintung Go Green (3G) dan Desa Jodipan, Malang yang terkenal dengan Kampung Warna-warninya.

Dari dua ide tersebut KKN 15 UNESA menggabungkan dan menyusun kegiatan yang akan dijalankan oleh KKN 15 UNESA mulai dari menyusun proposal anggaran dana hingga sosialisasi kepada masyarakat desa.

Program kegiatan ini dibuat untuk menjadikan desa lebih baik dan dapat dilanjutkan oleh masyarakat di Desa Kramatinggil Kec. Gresik Kab. Gresik.

Sumber : Muhammad Yuli Lukmawanto (Lukman) - Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Unesa


  • [message]
    • [👀 SUMBER BERITA Dan Judul Asli .]
      • [Judul Asli ► Sumber Berita ► 👀👉  ]

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,4984,DAERAH,436,EKONOMI,431,INTERMEZO,505,INVESTIGASI,233,JAKARTA,394,Kejadian,489,KIRIMAN NETIZEN,178,KORUPSI,267,KRIINAL,1,KRIMINAL,833,OLAHRAGA,6,OPINI,787,PIALA DUNIA 2018,6,POLITIK,1929,TEKNOLOGI,5,TERORIS,187,VIRAL,2469,WORLD,206,
ltr
item
RAKYAT SOSMED: Mahasiswa Unesa Ciptakan Inovasi Baru di Desa Kramatinggil Gresik, Apa Itu?
Mahasiswa Unesa Ciptakan Inovasi Baru di Desa Kramatinggil Gresik, Apa Itu?
https://3.bp.blogspot.com/-AJC6em9TdKY/XNzJw7QprUI/AAAAAAABC34/lsKOjsVaFG8a1Kad4QEX2ayllSmrlHX7gCLcBGAs/s1600/unesa.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-AJC6em9TdKY/XNzJw7QprUI/AAAAAAABC34/lsKOjsVaFG8a1Kad4QEX2ayllSmrlHX7gCLcBGAs/s72-c/unesa.jpg
RAKYAT SOSMED
https://www.suarasosmed.info/2019/05/mahasiswa-unesa-ciptakan-inovasi-baru.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2019/05/mahasiswa-unesa-ciptakan-inovasi-baru.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy