Loading...

Enak Tenan.. Pengacara Minta Kasus Dugaan Makar Eggi Sudjana Disetop.

Pengacara Eggi Sudjana, Alamsyah Hanafiah, menilai unsur pidana dugaan makar yang disangkakan ke Eggi tidak terpenuhi. Dia meminta Polri menghentikan penyidikan kasus tersebut.


RAKYAT SOSMED - Pengacara Eggi Sudjana, Alamsyah Hanafiah, menilai unsur pidana dugaan makar yang disangkakan ke Eggi tidak terpenuhi. Dia meminta Polri menghentikan penyidikan kasus tersebut.

"Di sini kami memohon penyidikan terhadap Polri. Jadi, kalau kasus makar, unsurnya, pendapat kami, belum terpenuhi," kata Alamsyah di kantornya, Ruko Cempaka Mas, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019).

Alamsyah menjelaskan definisi makar. Menurutnya, makar merupakan perbuatan dari kelompok masyarakat untuk dengan maksud menggulingkan pemerintahan yang sah dengan kekerasan.

Alamsyah menyoroti laporan yang membuat Eggi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan makar. Menurutnya, dari laporan itu Eggi dinilai tidak melakukan upaya menggulingkan pemerintahan yang sah.

"Sekarang kalau pemerintahan yang sah, locus delicti-nya di Jalan Kertanegara. Di situ tidak ada pemerintahan, di situ tidak terjadi perbuatan apa-apa soal makar. Kalau locus delicti-nya di Ancol, itu tidak ada pemerintah dan harus ada perbuatan, di Kertanegara tidak ada perbuatan apa-apa karena di situ bukan pemerintahan, begitu. Karena, untuk menggulingkan pemerintahan yang sah, yang mana," ungkapnya.

Tak hanya itu, Alamsyah juga menyoroti adanya perbedaan lokasi pada pelaporan awal. Menurutnya, di pelaporan awal tertera lokasi di Ancol, namun diubah menjadi di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Sangkaan yang sangkakan oleh pelapor pertama kami kasus menghasut dan kasus pemilu. Locus delicti-nya di Ancol, tiba-tiba berubah kasusnya di Jalan Kertanegara. Jadi locus delicti-nya sudah diubah, tapi ditetapkan tersangka sebagai laporan kasus di Ancol itu. Jadi antara laporan yang disangkakan ini locus delicti-nya berbeda, TKP-nya beda," sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, putra Eggi Sudjana, Hizbullah Ashidiqi, membacakan surat yang ditulis orang tua di dalam penjara. Dalam surat itu, Eggi membantah melakukan makar. Ia mengatakan people power yang diserukan adalah demo pada 9-10 Mei 2019.

Berikut isi surat dari Eggi Sudjana yang dibacakan Hizbullah.

Pertama. Bahwa tuduhan makar saya bantah keras karena people power yang saya maksudkan adalah unjuk rasa demonstrasi ke Bawaslu pada tanggal 9-10 Mei 2019. Walaupun saat itu saya tidak boleh masuk ke Bawaslu tapi saya tidak memaksakan diri masuk ke Bawaslu, jadi bukan makar.

Kedua. Bahwa saya melihat di media BPN atau paslon nomor 02 memutuskan sengketa Pemilu 2019 ke Mahkamah Konstitusi, makanya selanjutnya saya katakan people power yang saya maksudkan dalam hal ini demonstrasi ke Bawaslu sudah selesai, artinya tidak ada gerakan people power karena telah ditempuh jalur mahkamah konstitusi.

Bahwa konsekuensi hukumnya saya tidak tahu menahu ada people power lagi setelah tanggal 9-10 Mei 2019 tersebut. Bahwa selanjutnya saya menghimbau kepada masyarakat untuk mengikuti langkah paslon nomor 02 ke Mahkamah Konstitusi.

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,4984,DAERAH,436,EKONOMI,431,INTERMEZO,505,INVESTIGASI,233,JAKARTA,394,Kejadian,489,KIRIMAN NETIZEN,178,KORUPSI,267,KRIINAL,1,KRIMINAL,833,OLAHRAGA,6,OPINI,787,PIALA DUNIA 2018,6,POLITIK,1929,TEKNOLOGI,5,TERORIS,187,VIRAL,2469,WORLD,206,
ltr
item
RAKYAT SOSMED: Enak Tenan.. Pengacara Minta Kasus Dugaan Makar Eggi Sudjana Disetop.
Enak Tenan.. Pengacara Minta Kasus Dugaan Makar Eggi Sudjana Disetop.
Pengacara Eggi Sudjana, Alamsyah Hanafiah, menilai unsur pidana dugaan makar yang disangkakan ke Eggi tidak terpenuhi. Dia meminta Polri menghentikan penyidikan kasus tersebut.
https://1.bp.blogspot.com/-LBJQwOrESto/XO3WIUrJZVI/AAAAAAABDM0/-KUjupIJuKA92sdk1hIkbwGc0iW9m8zMgCLcBGAs/s1600/%25C2%25A9suarasosmed-Eggy%2BSudjana.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-LBJQwOrESto/XO3WIUrJZVI/AAAAAAABDM0/-KUjupIJuKA92sdk1hIkbwGc0iW9m8zMgCLcBGAs/s72-c/%25C2%25A9suarasosmed-Eggy%2BSudjana.jpg
RAKYAT SOSMED
https://www.suarasosmed.info/2019/05/enak-tenan-pengacara-minta-kasus-dugaan.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2019/05/enak-tenan-pengacara-minta-kasus-dugaan.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy