Loading...

Jelang Debat Perdana Amien Rais Muncul Lagi, Kali Ini Ngomong Tentang Revolusi Moral Lawan Jokowi

Peluncuran buku Hijrah Amien Rais. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko) RAKYAT SOSMED -  CNN Indonesia -- Ketua Dewan Kehormatan PAN Ami...

Peluncuran buku Hijrah Amien Rais. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)

RAKYAT SOSMED - CNN Indonesia -- Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais meluncurkan sebuah buku berjudul Hijrah: Selamat Tinggal Revolusi Mental, Selamat Datang Revolusi Moral. Buku setebal 76 halaman itu merupakan pendapat pribadinya terhadap nasib bangsa Indonesia ke depan.

Amien menuturkan revolusi mental yang dibuat oleh Presiden Joko Widodo tidak jelas. Sebab, ia menilai tidak ada dukungan yang autentik terhadap revolusi mental tersebut.

"Menurut revolusi mental Pak Jokowi itu memang tidak jelas. Tidak ada dukungan autentik," ujar Amien di Jakarta, Jumat (11/1).

Dalam bukunya, Amien menyebut ada lima revolusi mental Jokowi yang tidak jelas, yakni Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesi Mandiri, dan Gerakan Indonesia Bersatu.
Lihat juga: Mencla-mencle Amien Rais dan Melorotnya Pamor Tokoh Reformasi

Menanggapi Gerakan Indonesia Melayani, Amien mempertanyakan siapa sebenarnya pihak yang dilayani Jokowi. Ia menduga Indonesia di bawah Jokowi melayani kepentingan luar negeri serta konglomerat asing dan aseng.

Amien juga menyebut Gerakan Indonesia Bersih sepatutnya bukan sekadar diterapkan untuk urusan lingkungan. Membersihkan bangsa dari perilaku koruptif menurutnya jauh lebih penting.

Dia menganggap upaya bersih dari korupsi hanyalah impian di masa kepemimpinan Jokowi. KPK sebagai lembaga super, kata Amien, saat ini berpotensi melakukan obstruction of justice.

Terkait dengan Gerakan Indonesia Tertib, Amien menilai tertib hukum tak berjalan di era Jokowi. Ia mencontohkan betapa leluasanya seseorang menjabat sebagai Ketua DPD sekaligus Wakil Ketua MPR.

Amien tak menyebut nama orang yang dimaksud. Namun, ia menilai hal itu bisa terjadi karena orang tersebut menjadi bagian dari kekuasaan.

"Aman, tidak perlu khawatir karena berada dalam ikatan koncoisme dengan puncak pimpinan rezim," tulis Amien.

Sementara untuk Gerakan Indonesia Mandiri, Amien menganggap itu sebatas slogan abal-abal. Dia mendapati Indonesia saat ini terperangkap dalam utang, terutama dari China. Ia menyebut China sudah meminta konsesi wilayah, menguasai pelabuhan, serta leluasa mendikte Indonesia.
Lihat juga: Pamor Amien Rais Turun, PAN Dinilai Perlu Cari Figur Baru

Terkahir, Amien menilain Gerakan Indonesia Bersatu jauh dari alam nyata dan membuat rakyat tersakiti. Hal itu, kata dia, terlihat dari tindakan rezim yang berkuasa secara sistematis melakukan politik pecah belah terhadap kekuatan sosial politik keagamaan.

Bahkan, ia menyebut politik pecah belah itu dilakukan terhadap oposisi.

Atas lima contoh revolusi mental itu, Amien mengaku heran Jokowi bersama Maruf Amin kembali mengadopsinya sebagai slogan kampanye di Pilpres 2019.

"Pimpinan rezim tidak menyadari bahwa yang sedang terjadi di Indonesia adalah kegagalan revolusi mental yang tanpa arah dan kosong makna, karena hanya terdiri dari rangkaian slogan yang enak didengar dan sepi pelaksanaan," tulisnya.

Revolusi Moral

Amien mengatakan revolusi moral hadir jika Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang di Pilpres. Ia meyakini revolusi moral jauh lebih penting dari revolusi mental.

"Revolusi mental ala Jokowi yang tidak jelas maknanya harus segera ditinggalkan. Selamat tinggal revolusi mental! Diganti dengan revolusi moral atau katakanlah pembaharuan persenjataan moral," tulis Amien.

Amien menjelaskan moralitas memungkinkan manusia untuk menentukan baik atau buruknya perilaku. Moralitas, kata dia, juga menentukan sebuah perilaku benar atau salah.

Sementara mental, kata dia, hanya sebuah sikap yang muncul dari jiwa.

"Jadi kalau sikap kejiwaan seseorang itu pemberani, ya maka mentalnya pemberani. Orang malas mentalnya pengemis. Kemudian kalau ada orang yang planga-plongo itu dia punya mental pengikut," ujarnya.
  • [message]
    • [👀 SUMBER BERITA Dan Judul Asli - Mari Kita Sama Sama Cross Check, Pada Dasarnya Situs Ini Hanyalah Mengambil Isi Tulisan Dari Link Dengan Judul Dibawah Ini - Terima Kasih - SUARASOSMED - RAKYAT SOSMED - Bangga Menjadi Bagian Dari Kalian Selama Ini  - Karena Keterbatasan Sumber Daya Dan Lain Hal Maka Mohon Permakluman , Jika Sumber Berita Sudah Tidak Valid Lagi // Berganti Judul // Not Found Hilang, Maka artikel Diatas Dapat Anda Abaikan Dan Menjadi tidak Valid Lagi Karena Sumber asli Telah Berubah / Hilang Atau Kadaluarsa.]

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,3962,DAERAH,385,EKONOMI,372,INTERMEZO,463,INVESTIGASI,204,JAKARTA,373,Kejadian,404,KIRIMAN NETIZEN,107,KORUPSI,229,KRIMINAL,623,OLAHRAGA,6,OPINI,712,PIALA DUNIA 2018,6,POLITIK,1459,TEKNOLOGI,4,TERORIS,165,VIRAL,1752,WORLD,175,
ltr
item
RAKYAT SOSMED: Jelang Debat Perdana Amien Rais Muncul Lagi, Kali Ini Ngomong Tentang Revolusi Moral Lawan Jokowi
Jelang Debat Perdana Amien Rais Muncul Lagi, Kali Ini Ngomong Tentang Revolusi Moral Lawan Jokowi
https://2.bp.blogspot.com/-8tI0GNeww4s/XDiJ2VGvZgI/AAAAAAAA9WA/nut3g86hMYQEo_iNdzvFOdxrwhqua0lHgCLcBGAs/s1600/AMIEN%2BRAIS.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-8tI0GNeww4s/XDiJ2VGvZgI/AAAAAAAA9WA/nut3g86hMYQEo_iNdzvFOdxrwhqua0lHgCLcBGAs/s72-c/AMIEN%2BRAIS.jpeg
RAKYAT SOSMED
https://www.suarasosmed.info/2019/01/jelang-debat-perdana-amien-rais-muncul.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2019/01/jelang-debat-perdana-amien-rais-muncul.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy