Loading...

HOAX Lagi Soal Surat Suara “tercetak sebelum tgl 1 januari” Ini Hasil Investigasinya

Post sumber membagikan surat suara yang dicetak untuk keperluan validasi dan contoh, bukan cetakan surat suara untuk pencoblosan. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.


RAKYAT SOSMED - Post sumber membagikan surat suara yang dicetak untuk keperluan validasi dan contoh, bukan cetakan surat suara untuk pencoblosan. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) Pertanyaan dari salah satu pengikut Page MAFINDO.

——

(2) http://bit.ly/2VxYEhZ, post ke grup “BALADHIKA INDONESIA JAYA DPN” (facebook.com/groups/2353658391315600) oleh akun “Andi Chandra” (facebook.com/andi.chandra.31924792), sudah dibagikan 2.659 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Surat suara sebagian sudah tercetak,,sebelum tgl 1 januari,,foto ini saat Validasi di KPU tgl 2 januari,,ya kita bisa menilai sendiri,,siapa yg menyebarkan berita Hoax? KPU kah ataukah org yg dlm video yg sudah beredar luas itu,,hmmm”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

Post SUMBER membagikan foto surat suara untuk keperluan validasi dan persetujuan surat suara dan contoh surat suara untuk 80 Dapil.
Post SUMBER menggunakan narasi yang tidak berhubungan dengan konteks foto yang sesungguhnya, untuk memelintir dan membangun premis.
——

(2) Berita yang berhubungan, iNews(dot)id: “Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama peserta pemilihan umum (Pemilu) 2019 baik pasangan calon presiden dan wakil presiden maupun partai politik melakukan validasi dan persetujuan atas surat suara. Validasi tersebut kemudian menjadi acuan untuk masuk dalam tahap produksi cetak surat suara.

Sementara, untuk partai politik, pihaknya sudah menyiapkan contoh surat suara sebanyak 80 Daerah Pemilihan (Dapil). “Masing-masing utusan atau perwakilan dari parpol akan tanda tangan 80 jenis surat suara,” kata Arief menegaskan.”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

——

(3) Beberapa berita lain yang berhubungan:

iNews(dot)id: “Selesai Validasi, Ini Surat Suara Pilpres dan Pileg 2019”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.
TRIBUNnews(dot)com: “Pertengahan Januari Produksi Surat Suara Pemilu Dimulai”, selengkapnya di (3) bagian REFERENSI.
======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2LRJ5gB iNews(dot)id: “KPU dan Peserta Pemilu 2019 Sepakati Desain Surat Suara

Felldy Utama · Jumat, 04 Januari 2019 – 19:04 WIB

(foto)
KPU dan peserta Pemilu 2019 menyepakati desain surat surat di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Jumat (4/1/2019). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama peserta pemilihan umum (Pemilu) 2019 baik pasangan calon presiden dan wakil presiden maupun partai politik melakukan validasi dan persetujuan atas surat suara. Validasi tersebut kemudian menjadi acuan untuk masuk dalam tahap produksi cetak surat suara.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, persetujuan (approval) yang ditandatangani ini merupakan bagian akhir dari rangkaian panjang proses validasi surat suara. Dia menjelaskan, tanda tangan yang dibubuhkan hari ini bukan dilakukan secara tiba-tiba.

Dia menambahkan, proses validasi sudah dimulai sejak Daftar Calon Sementara (DCS) disusun, kemudian diperbaiki nama-namanya. Setelah itu masuk ke tahap selanjutnya, pada saat Daftar Calon Tetap (DCT) juga dilakukan validasi tentang penulisan nama, gelar dan huruf.

“Jadi, proses validasi (sudah) dilakukan, dan hari ini tanda tangan approval sebelum nanti, mungkin minggu depan, setelah pemenang lelang ditetapkan proses produksi bisa segera dimulai,” kata Arief di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Jumat (4/1/2019).

(foto)

KPU, dia mengungkapkan, sudah menyiapkan satu buah contoh surat suara (spesimen) untuk ditandatangani masing-masing perwakilan tim pasangan calon presiden dan wakil presiden. “Berdasarkan spesimen ini surat suara akan diproduksi, baik untuk dalam negeri dan luar negeri,” ujarnya.

Untuk perwakilan dari pasangan calon nomor urut 01 diwakili Direktur Bidang Program TKN Jokowi-Ma’ruf, Aria Bima. Sementara, perwakilan pasangan calon nomor urut 02 diwakili Wakil ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso.

Sementara, untuk partai politik, pihaknya sudah menyiapkan contoh surat suara sebanyak 80 Daerah Pemilihan (Dapil). “Masing-masing utusan atau perwakilan dari parpol akan tanda tangan 80 jenis surat suara,” kata Arief menegaskan.

Editor : Djibril Muhammad”.

——

(2) http://bit.ly/2VxlCG3 iNews(dot)id: “Selesai Validasi, Ini Surat Suara Pilpres dan Pileg 2019

Eko Purwanto · Jumat, 04 Januari 2019 – 17:53 WIB

(foto)
(Koran Sindo/Eko Purwanto)

JAKARTA, iNews.id – Ketua KPU Arief Budiman (tengah) bersama perwakilan partai politik menunjukkan surat suara saat acara rapat validasi surat suara pemilu legistlatif (Pileg) serta surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) pada pemilihan umum tahun 2019 di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Validasi dan approval surat suara dihadiri oleh tim kampanye pasangan calon dan pengurus partai politik peserta pemilu untuk memastikan penulisan nama dan foto peserta pemilu benar.

(Koran Sindo/Eko Purwanto)

Editor : Yudistiro Pranoto”.

——

(3) http://bit.ly/2LQIlZ2 TRIBUNnews(dot)com: “Pertengahan Januari Produksi Surat Suara Pemilu Dimulai

Sabtu, 5 Januari 2019 00:22

(foto)
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPU Arief Budiman (tengah) memimpin acara validasi dan approval surat suara Anggota DPR RI dan surat suara Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (4/1/2019). Validasi surat suara dilakukan dengan tanda tangan dari peserta pemilu yang dimana validasi ini merupakan bagian akhir proses validasi surat suara. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

BANGKAPOS.COM – Sebanyak 939.879.651 surat suara akan dicetak untuk kepentingan Pemilu 2019. Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi, mengatakan proses produksi surat suara akan dimulai pertengahan Januari 2019.

“Rencananya pertengahan bulan Januari, itu proses produksi surat suara mudah-mudahan sudah bisa dimulai,” kata Pramono.

Sebagai upaya mewujudkan proses produksi surat suara secara transparan, pihaknya menerapkan sistem lelang menggunakan katalog.

Sehingga, melalui sistem itu didapatkan anggaran lebih efisien. Untuk anggaran, kata dia, harga perkiraan satuannya itu adalah Rp 872.691.402.425.

Adapun, rencana kontrak yang hasil lelang ini Rp 604.756.161.932.

“Surat suara sementara ini yang akan kami produksi berjumlah 939.879.651 lembar. Itu semua. anggarannya, jadi efisiensi, kami Rp 267.935.240.493 atau kira-kira 30,7 persen,” ungkapnya.

Baca berita selengkapnya di edisi cetak Harian Pos Belitung edisi Jumat, 5 Januari 2019. (*)

Editor: kamri
Sumber: Tribunnews”.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/812735865725617/






  • [message]
    • [👀 SUMBER BERITA Dan Judul Asli - Mari Kita Sama Sama Cross Check, Pada Dasarnya Situs Ini Hanyalah Mengambil Isi Tulisan Dari Link Dengan Judul Dibawah Ini - Terima Kasih - SUARASOSMED - RAKYAT SOSMED - Bangga Menjadi Bagian Dari Kalian Selama Ini  - Karena Keterbatasan Sumber Daya Dan Lain Hal Maka Mohon Permakluman , Jika Sumber Berita Sudah Tidak Valid Lagi // Berganti Judul // Not Found Hilang, Maka artikel Diatas Dapat Anda Abaikan Dan Menjadi tidak Valid Lagi Karena Sumber asli Telah Berubah / Hilang Atau Kadaluarsa.]

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,4704,DAERAH,430,EKONOMI,422,INTERMEZO,497,INVESTIGASI,227,JAKARTA,385,Kejadian,471,KIRIMAN NETIZEN,111,KORUPSI,261,KRIMINAL,778,OLAHRAGA,6,OPINI,764,PIALA DUNIA 2018,6,POLITIK,1762,TEKNOLOGI,5,TERORIS,181,VIRAL,2192,WORLD,195,
ltr
item
RAKYAT SOSMED: HOAX Lagi Soal Surat Suara “tercetak sebelum tgl 1 januari” Ini Hasil Investigasinya
HOAX Lagi Soal Surat Suara “tercetak sebelum tgl 1 januari” Ini Hasil Investigasinya
Post sumber membagikan surat suara yang dicetak untuk keperluan validasi dan contoh, bukan cetakan surat suara untuk pencoblosan. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
https://3.bp.blogspot.com/-vwUSo3chxAU/XDPv_AiT5tI/AAAAAAAA9KI/v1Xpj6hlCIwmERg5VOEzOBiw_4LQ9vIKgCLcBGAs/s1600/HOAX%2BLAGI.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-vwUSo3chxAU/XDPv_AiT5tI/AAAAAAAA9KI/v1Xpj6hlCIwmERg5VOEzOBiw_4LQ9vIKgCLcBGAs/s72-c/HOAX%2BLAGI.jpg
RAKYAT SOSMED
https://www.suarasosmed.info/2019/01/hoax-lagi-soal-surat-suara-tercetak.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2019/01/hoax-lagi-soal-surat-suara-tercetak.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy