Loading...

Hoaks Lagi, Sekarang Katanya Truk Bawa Sembako Terguling

Selamat malam Batfans! Hoaks lagi! Sepertinya para penyebar hoaks gak kapok-kapok. Setelah kasus 7 kontainer surat suara yang tercoblos yang ternyata hoaks, kini beredar lagi hoaks truk sembako yang terguling.


RAKYAT SOSMED - Selamat malam Batfans! Hoaks lagi! Sepertinya para penyebar hoaks gak kapok-kapok. Setelah kasus 7 kontainer surat suara yang tercoblos yang ternyata hoaks, kini beredar lagi hoaks truk sembako yang terguling.

Sebuah akun dengan nama Eri Iskandar membuat status disertai foto kumpulan kantong bertulisankan Bantuan Presiden Republik Indonesia dengan tiga foto berjejer menampilkan foto-foto truk terguling dan isinya tumpah kejalan. Isi truk tersebut sepintas mirip dengan kantong bantuan tadi.

Akun tersebut kemudian menuliskan

"Alah mak..!! Mobil box terguling pula di boyolali....berserakan saat bawa logistik istana presdien. Allah Maha Adil lagi x2 kecurangan petahana ditunjukkan oleh Allah....mereka tidak sadar."

Diatas foto tertulis dengan font besar dan di bold.

"Wow mobil sembako y terbalik meen!!



Setelah ditelurusi oleh Indonesian Hoaxes ternyata foto-foto tersebut berasal dari berita yang berbeda dengan judul "Truk Pengangkut Bir Terguling, Warga Pesta di Jalanan"

Liputan6.com, Bone - Sebuah truk terguling di Jalan Poros Bone Wajo, Desa Solo, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Rabu, 27 Desember 2017, sekitar pukul 08.15 Wita. Truk boks tersebut mengangkut ribuan botol dan kaleng minuman beralkohol jenis bir. Truk bermuatan 300 dus bir itu terbalik lantaran oleng setelah mengalami pecah ban. Akibatnya, ribuan botol dan kaleng minuman bir berhamburan di jalan raya.

"Truk dengan nomor polisi DD 8622 OI mengalami kecelakaan tunggal. Kecepatannya tinggi, ban kiri belakang pecah lalu terbalik," ucap Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bone, AKP Muhammad Yusuf, saat dikonfirmasi, Rabu, 27 Desember 2017.

Haerul Bin Ribi, sopir truk terguling itu selamat. Pemuda berusia 24 tahun itu langsung dibawa ke Markas Polres Bone untuk menjalani pemeriksaan.

Yusuf menjelaskan, truk terguling itu sebelumnya berangkat dari Kota Parepare. Rencananya, kiriman bir itu akan diedarkan di Kabupaten Bone untuk perayaan Tahun Baru 2018.

https://www.liputan6.com/regional/read/3207988/truk-pengangkut-bir-terguling-warga-pesta-di-jalanan

Walah ternyata hoaks lagi, bir kok dibilang sembako?

Buat para pendukung Jokowi nih kalau lihat foto aneh dengan banyak foto yang digabung jadi satu seperti model kolase maka patut curiga foto tersebut mungkin tidak benar. Menggabungkan foto-foto kedalam satu frame seperti itu adalah cara terbaik supaya foto tidak bisa di reverse image search. Karena foto-foto yang ada di google bisa dilacak dari mana sumber foto tersebut menggunakan reverse image search tadi.

Sebenarnya tanpa perlu di reverse kalau kasus ini sih mudah saja, tinggal zoom juga keliatan kalau benda yang tercecer dari truk terguling itu berbeda dengan kontong bantuan Presiden.

Saat ini postingan tersebut telah dihapus...wah heran yah belakangan banyak status menghilang, diculik siapa sih? Namun para netizen sempat meng-capturenya, sebagian ada yang melaporkan dengan men-tag instasi terkait.

Narasinya sama, menciptakan persepsi bahwa pemilu yang berlangsung saat ini tidak jujur dan adil, ada kecurangan. Ini berbeda dengan hoaks-hoaks yang disebarkan oleh sapi-sapian di tahun 2014 lalu, hoaks saat itu lebih dimaksudkan untuk menjatuhkan Jokowi. Hoaks seperti Jokowi PKI, Jokowi China, Jokowi anti Islam lebih marak disebarkan dengan berbagai varian.

Dulu memang sempat ramai narasi 'kalau kalah berarti dicurangi' namun baru muncul belakangan dan tidak seramai saat ini. Sekarang semakin ramai hoaks-hoaks yang mencoba mendiskreditkan pemerintah dengan skenario kecurangan. Ini bisa berbahaya bagi kehidupan berbangsa kita.

Lihat saja banyak keributan di daerah-daerah karena dimana kerusuhan bisa timbul akibat dicurugai ada kecurangan saat pelaksanaan Pilkada. Bahkan tak jarang sampai memakan korban. Apakah ada yang berniat membuat hal yang sama di skala nasional? Tentu kita tidak mau jika sampai terjadi hal yang demikian.

Dalam kasus 7 kontainer surat suara, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo dan Kiai Ma’ruf Amin (Jokowi-KMA) TB Ace Hasan Syadzily menilai penyebaran berita bohong ini semakin menunjukkan penggunaan skenario atau penciptaan kondisi ketidakpercayaan pada lembaga penyelenggara pemilu dengan cara-cara tidak beradab. Dia menduga, besar kemungkinan ada yang sedang merancang skenario dari awal untuk mendelegitimasi hasil pemilu dengan alasan pemilu curang.

sumber:

https://nasional.sindonews.com/read/1367786/13/hoaks-makin-liar-dan-berbahaya-aparat-didesak-bertindak-tegas-1546567938/15
  • [message]
    • [👀 SUMBER BERITA Dan Judul Asli - Mari Kita Sama Sama Cross Check, Pada Dasarnya Situs Ini Hanyalah Mengambil Isi Tulisan Dari Link Dengan Judul Dibawah Ini - Terima Kasih - SUARASOSMED - RAKYAT SOSMED - Bangga Menjadi Bagian Dari Kalian Selama Ini ]
      • [Judul Asli ► Sumber Berita ► 👀👉 INDONESIAN HOAXES // SEWORD]

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,4984,DAERAH,436,EKONOMI,431,INTERMEZO,505,INVESTIGASI,233,JAKARTA,394,Kejadian,489,KIRIMAN NETIZEN,178,KORUPSI,267,KRIINAL,1,KRIMINAL,833,OLAHRAGA,6,OPINI,787,PIALA DUNIA 2018,6,POLITIK,1929,TEKNOLOGI,5,TERORIS,187,VIRAL,2469,WORLD,206,
ltr
item
RAKYAT SOSMED: Hoaks Lagi, Sekarang Katanya Truk Bawa Sembako Terguling
Hoaks Lagi, Sekarang Katanya Truk Bawa Sembako Terguling
Selamat malam Batfans! Hoaks lagi! Sepertinya para penyebar hoaks gak kapok-kapok. Setelah kasus 7 kontainer surat suara yang tercoblos yang ternyata hoaks, kini beredar lagi hoaks truk sembako yang terguling.
https://3.bp.blogspot.com/-164WdDj-TfM/XC9dEDEMcNI/AAAAAAAA9DQ/x87IeDI7Ie4rlfKjyvYDF6MpJrhe81fuACLcBGAs/s1600/HOAX%2BKAMPRET%2BLAGI-horz.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-164WdDj-TfM/XC9dEDEMcNI/AAAAAAAA9DQ/x87IeDI7Ie4rlfKjyvYDF6MpJrhe81fuACLcBGAs/s72-c/HOAX%2BKAMPRET%2BLAGI-horz.jpg
RAKYAT SOSMED
https://www.suarasosmed.info/2019/01/hoaks-lagi-sekarang-katanya-truk-bawa.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2019/01/hoaks-lagi-sekarang-katanya-truk-bawa.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy