Loading...

Diteken 1,8 Juta Orang, Petisi Referendum Papua Dibawa ke PBB

Menurut netizen Mengapa Sampai Ada Orang Papua Yang ingin Melepaskan diri Dari Indonesia ??


RAKYAT SOSMED - Kelompok separatis the United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) mengklaim telah menyerahkan petisi yang sudah ditandatangani 1,8 juta orang untuk menuntut referendum kemerdekaan Papua Barat kepada Ketua Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Michelle Bachelet.

"Hari ini adalah hari bersejarah bagi saya dan rakyat saya. Saya telah menyerahkan apa yang saya anggap sebagai tulang rangka rakyat Papua Barat, karena telah banyak orang yang mati terbunuh," ucap Pemimpin ULMWP, Benny Wenda, di Genewa, Swiss, seperti dikutip Reuters pada Senin (28/1).

Benny mengatakan bahwa di bawah pemerintahan Indonesia, warga Papua tak memiliki kebebasan berpendapat, berekspresi, dan berkumpul.

Dia menganggap satu-satunya cara untuk mendapatkan kebebasan itu adalah melalui petisi ini yang ditandatangani oleh hampir tiga perempat orang dari total 2,5 juta rakyat Papua.


"(Petisi) ini beratnya 40 kilogram, seperti buku terbesar di dunia," kata Benny.

Dalam pertemuannya dengan Bachelet, WNI yang tengah mengasingkan diri di Inggris itu juga mengatakan keduanya sempat membicarakan situasi di wilayah Nduga, ketika 11 orang tewas saat melarikan diri dari TNI beberapa waktu lalu.
Lihat juga: TNI Ambil Alih Pembangunan Jembatan di Nduga, Papua
Benny juga mengklaim setidaknya 22 ribu rakyat Papua terlantar.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi Duta Besar RI untuk PBB di Jenewa, Hasan Kleib, tapi belum mendapat respons.

Sementara itu, juru bicara komando militer di Provinsi Papua, Mohammad Aidi, membantah tuduhan Benny yang dianggap tidak berdasar.

"Dia (Benny) tidak dapat menunjukkan bukti dari apa yang telah ia tuduhkan terhadap pemerintah Indonesia dan militer. Justru, Gerakan Pembebasan Papua (OPM) lah yang telah membunuh rakyat-rakyat sipil tidak bersalah," ucap Aidi.

Kabupaten Nduga sempat memanas terutama setelah belasan pekerja jalan Trans Papua dari PT Istaka Karya tewas dalam penembakan massal yang diklaim oleh sayap militer OPM, kelompok kriminal bersenjata (KKB). Seorang personel TNI juga tewas dalam penembakan itu.

Sejak saat itu, militer terus mengerahkan operasi penangkapan para anggota KKB. Namun, Gubernur Papua, Lukas Enembe, meminta pemerintah menarik mundur pasukan TNI dan Polri dari Nduga karena operasi militer membuat penduduk trauma.

Meski begitu, militer menolak permintaan pemerintah daerah tersebut dengan terus menggencarkan perburuan ke wilayah-wilayah pedalaman di kabupaten itu hingga hutan-hutan di dekat perbatasan dengan Papua Nugini.



  • [message]
    • [👀 SUMBER BERITA Dan Judul Asli .]
      • [Judul Asli ► Sumber Berita ► 👀👉  ]

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,4694,DAERAH,428,EKONOMI,419,INTERMEZO,495,INVESTIGASI,227,JAKARTA,383,Kejadian,462,KIRIMAN NETIZEN,111,KORUPSI,259,KRIMINAL,771,OLAHRAGA,6,OPINI,758,PIALA DUNIA 2018,6,POLITIK,1737,TEKNOLOGI,5,TERORIS,180,VIRAL,2145,WORLD,195,
ltr
item
RAKYAT SOSMED: Diteken 1,8 Juta Orang, Petisi Referendum Papua Dibawa ke PBB
Diteken 1,8 Juta Orang, Petisi Referendum Papua Dibawa ke PBB
Menurut netizen Mengapa Sampai Ada Orang Papua Yang ingin Melepaskan diri Dari Indonesia ??
https://4.bp.blogspot.com/-AT1qNAUKuY4/XFBFNRzXB7I/AAAAAAAA-OQ/NY3UwvV_E6wMLJACE5UR2aPYhPmI_oMAgCLcBGAs/s1600/REFERENDUM.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-AT1qNAUKuY4/XFBFNRzXB7I/AAAAAAAA-OQ/NY3UwvV_E6wMLJACE5UR2aPYhPmI_oMAgCLcBGAs/s72-c/REFERENDUM.jpg
RAKYAT SOSMED
https://www.suarasosmed.info/2019/01/diteken-18-juta-orang-petisi-referendum.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2019/01/diteken-18-juta-orang-petisi-referendum.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy