Loading...

Bukan Nakut Nakuti, Pengamat: Jika Prabowo Menang, Indonesia Mundur 52 Tahun! Ngeriiihhh!

RAKYAT SOSMED -  Dengan mengamati perilaku dan interaksi sosial di masa kini, sedikit banyak kita dapat memprediksi bagaimana perilaku ya...


RAKYAT SOSMED - Dengan mengamati perilaku dan interaksi sosial di masa kini, sedikit banyak kita dapat memprediksi bagaimana perilaku yang bersangkutan di masa depan. Ini bukan hoax, ada metode ilmiahnya dan biasanya juga dipakai dalam metode wawancara oleh perusahaan yang akan merekrut kandidat untuk ditempatkan dalam sebuah posisi. Artinya, ketika sebuah lembaga membuat sebuah prediksi bagaimana masa depan Indonesia jika Prabowo – Sandiaga terpilih dalam Piplres 2019, maka hasilnya adalah sebuah hasil analisa, bukan hasil kajian klenik ya.

Lembaga yang dimaksud adalah Lembaga Pemilih Indonesia (LPI). Direktur LPI, Boni Hargens menyampaikan prediksi tersebut dalam sebuah acara diskusi dengan tema “Membaca Masa Depan: Seperti Apa Indonesia Jika Jokowi atau Prabowo Terpilih?” pada hari Jumat lalu (4/1). Menurut Boni, dukungan ormas garis keras dan pecinta Orde Baru merupakan faktor paling berbahaya yang menjadi tantangan terberat bagi pasangan capres – cawapres Prabowo - Sandiaga jika menang di Pilpres 2019. “Ada potensi, politik otoriter dan kebangkitan laskar paramiliter menjadi ancaman bagi hak politik warga jika pasangan Prabowo - Sandi menang," ujar Boni.

Dia pun memprediksi institusionalisasi demokrasi bakal mengalami kemunduran, karena adanya ambisi membangun kembali dinasti Orde Baru. Hasil kajian LPI kata Boni, juga menunjukkan konsep trias politica kemungkinan menuju titik ketidakseimbangan yang membahayakan demokrasi. Karena dominasi eksekutif akan meminggirkan fungsi pengawasan oleh parlemen. Sementara otonomi yudikatif dalam penegakan hukum, berpotensi diintervensi eksekutif, persis seperti zaman Orde Baru Sumber.

"Dukungan HTI, Cendana menjadi indikasi kuat jika Prabowo menang akan mendaur ulang Orde Baru, maka Indonesia akan mundur 52 tahun, kembali ke dekade awal ketika Orde Baru dimulai," ujar Boni. Boni menyebut Prabowo Subianto merupakan sosok yang memiliki beban kasus hak asasi manusia di masa lalu. Kehadiran kubu Cendana dan keinginan untuk menerapkan kebijakan politik Soeharto, menurutnya akan menarik mundur supremasi hukum dan kematian HAM di masa depan. "Ini jelas berbahaya, bisa-bisa kebebasan tidak bisa ditegakkan," ucap Boni.

Satu hal lagi yang diamati oleh LPI, Prabowo – Sandiaga merupakan pasangan yang ahli dalam melakukan retorika. Meskipun dalam kampanye hak tersebut memang bernilai positif, Boni mengkhawatirkan jika dalam pemerintahan, Prabowo dan Sandiaga justru hanya bisa bicara dan tidak bisa bekerja.

Lebih jauh, Boni Hargens menuding dalam sejumlah kampanye, paslon nomor urut 02 itu lebih sering melakukan kampanye hitam, sehingga dapat mengindikasi ikatan dukungan politik, mulai dari dasar paksaan cemas, resah, takut, benci terhadap lawan politik atau siapa pun yang dikategorikan sebagai musuh mereka. "Prabowo-Sandi sangat kuat beretorika, berkampanye, mereka berhasil membangun persepsi dengan begitu cepat dan mengobok-obok emosi kolektif masyarakat. Hal ini positif untuk proses pertarungan politik, tetapi negatif karena di saat melahirkan pemerintahan, keduanya hanya ahli bicara tapi bukan ahli bekerja," ulasnya Sumber. Wuidiiihhhh… Masa depan yang suram dan mengerikan bagi warga negara Indonesia. Kebayang sih, situasi dan kondisinya jadi seperti masa Orde Baru. Jauh dari era Reformasi. Presiden baru harusnya membawa era baru untuk maju jauh ke depan. Ini malah diprediksi akan membawa bangsa dan negara ini mundur puluhan tahun ke belakang.

Bagaimana jika Jokowi – Ma’ruf Amin yang menang? Tentu ada juga prediksi buat mereka. Hasil kajian LPI menunjukkan, pembangunan demokrasi sipil berada pada gerak linear yang meyakinkan. "Demokrasi akan lebih kuat dengan terwujudnya pemerintah bersih dan pemerintahan yang baik," kata Boni. modernisasi politik pada level institusi dan penguatan demokrasi di level masyarakat akan terus mengalami kemajuan, apalagi didukung oleh profesionalisme TNI dan Polri yang berkembang maju dalam empat tahun terakhir. "Negara makin kuat dan masyarakat sipil pun makin kuat. Relasi negara - masyarakat akan lebih dinamis dan deliberasi publik menguat, karena pemerintahan Jokowi adalah pemerintahan sipil yang lahir dari rahim reformasi 1998, bukan Orde Baru," pungkas Boni Sumber..

Nah, memang beda sekali antara pihak yang mau memajukan Indonesia berhadapan dengan Revolusi Industri 4.0, dengan pihak yang justru mau menarik Indonesia mundur jauh ke belakang. Antara pihak yang mendorong generasi milenial maju dan bersaing dengan bangsa lain, dengan pihak yang malah akan membatasi kebebasan generasi milenial. Wong kegiatannya tidak diliput media saja sudah bikin dia ngomel-ngomel, gimana mau membawa generasi bangsa ini memenangkan persaingan global dengan warga negara lain?

#JokowiLagi

(Sekian)
  • [message]

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,4704,DAERAH,430,EKONOMI,422,INTERMEZO,497,INVESTIGASI,227,JAKARTA,385,Kejadian,471,KIRIMAN NETIZEN,111,KORUPSI,261,KRIMINAL,778,OLAHRAGA,6,OPINI,764,PIALA DUNIA 2018,6,POLITIK,1762,TEKNOLOGI,5,TERORIS,181,VIRAL,2192,WORLD,195,
ltr
item
RAKYAT SOSMED: Bukan Nakut Nakuti, Pengamat: Jika Prabowo Menang, Indonesia Mundur 52 Tahun! Ngeriiihhh!
Bukan Nakut Nakuti, Pengamat: Jika Prabowo Menang, Indonesia Mundur 52 Tahun! Ngeriiihhh!
https://3.bp.blogspot.com/-nHo2Hvxxv2I/XDHu8c0k0mI/AAAAAAAA9F4/CY1rW2g7vwkUrBIe1VlwLgFscOa3E95OgCLcBGAs/s1600/WOWS.webp
https://3.bp.blogspot.com/-nHo2Hvxxv2I/XDHu8c0k0mI/AAAAAAAA9F4/CY1rW2g7vwkUrBIe1VlwLgFscOa3E95OgCLcBGAs/s72-c/WOWS.webp
RAKYAT SOSMED
https://www.suarasosmed.info/2019/01/bukan-nakut-nakuti-pengamat-jika.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2019/01/bukan-nakut-nakuti-pengamat-jika.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy