Loading...

Bagikan, Ini Jurus Jokowi Hapus Kerugian Rp 65 Triliun Gara-Gara Macet

Integrasi moda transportasi antara lain mass rapid transit (MRT), light rail transit (LRT), kereta bandara dan Trans Jakarta diharapkan dapat mengurangi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya.


RAKYAT SOSMED - Integrasi moda transportasi antara lain mass rapid transit (MRT), light rail transit (LRT), kereta bandara dan Trans Jakarta diharapkan dapat mengurangi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya.

Oleh karena itu, kerugian kemacetan di Jakarta dan sekitarnya yang mencapai Rp 65 triliun dapat hilang sehingga bisa menjadi barang.

Dalam akun instagram @Jokowi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan kalau berdasarkan hitungan Bappenas, kemacetan di Jakarta dan sekitarnya telah menimbulkan kerugian materi hingga Rp 65 triliun setiap tahun.

Jokowi menulis, hal tersebut tidak boleh dibiarkan terus-menerus. Oleh karena itu, kemacetan lalu lintas di Jabodetabek dapat diatasi melalui penyediaan transportasi massal yang terintegrasi.

"Jadi kalau nanti MRT dan LRT sudah jadi, kereta bandara sudah siap, dan TransJakarta ada, masyarakat didorong untuk berpindah dari kendaraan pribadi ke transportasi massal," tulis Jokowi, seperti dikutip pada Rabu (9/1/2019).

Ia menambahkan, mobil-mobil yang selama ini ada di jalanan bisa berkurang secara besar-besaran. "Agar Rp 65 triliun yang hilang setiap tahun itu bisa jadi barang, bukan jadi asap yang memenuhi kota saja," tulis dia.

Untuk mengatasi kemacetan tersebut, Jokowi juga menggelar rapat terbatas mengenai pengelolaan transportasi Jabodetabek, dengan mengundang di antaranya Gubernur DKI, Gubernur Banten, Gubernur Jawa Barat, Menteri Perhubungan, Menteri PUPR dan Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Jokowi juga menyebutkan sejumlah masalah untuk mengelola manajemen transportasi. Salah satunya seperti pengelolaan jalan raya.

"Misalnya terjadi tumpang tindih kewenangan. Sebagai gambaran, jalan di Jabodetabek ini ada yang jadi kewenangan Kementerian PU, Provinsi DKI, Banten dan Jawa Barat. Pengelolaannya belum terpadu sehingga urusan pemeliharaan jalannya sering banyak yang saing menunggu," tulis Jokowi.

Selain itu, pembangunan modal transportasi massal saat ini digalakkan. Jokowi mengharapkkan moda transportasi tersebut terintegrasi satu dengan lainnya.

"Pembangunannya memang diarahkan untuk mendukung pengembangan kawasan yang mengintegrasikan sistem transit transportasi dan tata guna lahan untuk mengurangi mobilitas penduduk dan penggunaan kendaraan pribadi," tulis dia.



2 dari 2 halaman
MRT Tangerang Mulai Dibangun pada 2020

Penampakan mini information center Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Jumat (4/1). MRT Jakarta akan beroperasi Maret 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Sebelumnya,  Rute Mass Rapid Transit (MRT) Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) direncanakan diperpanjang hingga ke Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Kerjasama dengan kota penyangga Ibu Kota menjadi modal agar masyarakat mau beralih menggunakan transportasi umum.

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menyambut baik rencana tersebut. Pihaknya pun sudah melakukan pembicaraan baik dengan Badan Pengatur Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Dia mengatakan dari perbincangan dengan pihak MRT, diketahui bahwa proses pembangunan akan direncanakan mulai pada 2020.

"Mudah-mudahan 2020 sudah dimulai proses groundbreaking. Kemarin saya tanya 'Pak kapan bangunnya?'. Pokoknya target maksimal 2020. Jawabannya itu," kata Airin, saat ditemui, di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Menurut dia, saat ini sedang dilakukan studi kelayakan alias feasibility study oleh pihak MRT. Diharapkan proses studi tersebut dapat berjalan lancar sehingga pembangunan dapat berjalan sesuai target.

"Mudah-mudahan sekarang sudah dalam pra FS dan FS. Kita akan tunggu dari PT MRT yang lakukan pra FS dan FS. BPTJ sudah membolehkan, meminta untuk menggunakan LRT. Kita diskusi dengan Pak Bambang, silakan mau gunakan MRT atau LRT. Alhamdulillah sudah diperbolehkan oleh BPTJ sehingga FS sudah dilakukan," tandasnya.
  • [message]
    • [👀 SUMBER BERITA Dan Judul Asli - Mari Kita Sama Sama Cross Check, Pada Dasarnya Situs Ini Hanyalah Mengambil Isi Tulisan Dari Link Dengan Judul Dibawah Ini - Terima Kasih - SUARASOSMED - RAKYAT SOSMED - Bangga Menjadi Bagian Dari Kalian Selama Ini  - Karena Keterbatasan Sumber Daya Dan Lain Hal Maka Mohon Permakluman , Jika Sumber Berita Sudah Tidak Valid Lagi // Berganti Judul // Not Found Hilang, Maka artikel Diatas Dapat Anda Abaikan Dan Menjadi tidak Valid Lagi Karena Sumber asli Telah Berubah / Hilang Atau Kadaluarsa.]

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,3964,DAERAH,385,EKONOMI,372,INTERMEZO,463,INVESTIGASI,204,JAKARTA,373,Kejadian,404,KIRIMAN NETIZEN,107,KORUPSI,229,KRIMINAL,623,OLAHRAGA,6,OPINI,712,PIALA DUNIA 2018,6,POLITIK,1460,TEKNOLOGI,4,TERORIS,165,VIRAL,1754,WORLD,175,
ltr
item
RAKYAT SOSMED: Bagikan, Ini Jurus Jokowi Hapus Kerugian Rp 65 Triliun Gara-Gara Macet
Bagikan, Ini Jurus Jokowi Hapus Kerugian Rp 65 Triliun Gara-Gara Macet
Integrasi moda transportasi antara lain mass rapid transit (MRT), light rail transit (LRT), kereta bandara dan Trans Jakarta diharapkan dapat mengurangi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya.
https://1.bp.blogspot.com/-2HwMTCZMoK8/XDWePCc0lMI/AAAAAAAA9QI/RPjO1ITf2XI0QnzsyqJBL07zGN6XcC_6wCLcBGAs/s1600/JOKOWI%2BMACET.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2HwMTCZMoK8/XDWePCc0lMI/AAAAAAAA9QI/RPjO1ITf2XI0QnzsyqJBL07zGN6XcC_6wCLcBGAs/s72-c/JOKOWI%2BMACET.jpg
RAKYAT SOSMED
https://www.suarasosmed.info/2019/01/bagikan-ini-jurus-jokowi-hapus-kerugian.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2019/01/bagikan-ini-jurus-jokowi-hapus-kerugian.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy