Loading...

Ribuan EKTP Tercecer Di Duren Sawit, Simak Ini Fakta Fakta Yang Ditemukan Hingga Sekarang

Ribuan e-KTP tercecer di dekat persawahan di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah meminta kepolisian mengusutnya.


RAKYAT SOSMED - Ribuan e-KTP tercecer di dekat persawahan di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah meminta kepolisian mengusutnya.

Ada 2.005 e-KTP ditemukan oleh anak-anak yang sedang bermain bola di area persawahan, Jl Bojong Rangkong, Duren Sawit, pada Minggu (9/12/2019) pukul 13.30 WIB. Kebanyakan e-KTP itu sudah tidak berlaku lagi atau expired.

Baca juga: Polisi Ungkap Progres Penanganan 4 Kasus E-KTP

"(Jumlahnya) 2.005 keping. Sebanyak 63 buah rusak, 1.942 masa berlaku habis tahun 2016, 2017, 2018," kata Kapolres Jaktim Kombes Tony Surya Putra.

Kepolisian masih mengusut kasus ini dan telah meminta keterangan sejumlah saksi.


Berikut fakta-fakta dari ribuan e-KTP tercecer di Duren Sawit:


Buatan 2011-2013


Ribuan e-KTP yang ditemukan polisi itu merupakan buatan beberapa tahun lalu.

"Nah ini yang dilihat adalah KTP buatan (tahun) 2011, 2012, 2013. Makanya sedang saya dalami. Nanti saya serahkan saja ke aparat penegak hukum yang bekerja melakukan proses untuk menginvestigasi ini," kata Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh.


e-KTP Tidak Berlaku


Kebanyakan e-KTP itu sudah tidak berlaku lagi atau expired.

"Anak-anak kecil lagi main bola, lalu nemuin karung. Namanya anak anak, pas dikeluarin isinya, ternyata blanko KTP tapi sudah pada expired, sudah habis masa berlakunya. Ada yang berlaku tapi tinggal 1-2 bulan lagi," kata Kapolsek Duren Sawit Kompol Parlindungan Sutasuhut di kantonya, Jakarta Timur, Sabtu (8/12/2018).

Ribuan e-KTP tersebut seharusnya dimusnahkan.


Murni Pidana


Zudan menegaskan tercecernya ribuan e-KTP di Duren Sawit masuk dalam kategori tindak pidana murni.

"Penjualan blanko KTP-elektronik secara online, calo yang tawarkan jasa duplikat KTP-elektronik, KTP-elektronik palsu di Pasar Pramuka dan pembuangan KTP-elektronik asli di wilayah Duren Sawit, semua murni tindak pidana," kata Zudan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2018).


Tidak Terkait Pemilu


Zudan mengatakan kejadian tersebut tak ada hubungannya dengan pemilu.

"Tidak terkait hal-hal kepemiluan dan tidak mengganggu tahapan Pemilu," kata Zudan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2018).

Zudan menduga peristiwa tercecernya e-KTP mengandung unsur kesengajaan dan pihaknya saat ini berkoordinasi dengan kepolisian untuk membuktikan dugaan tersebut.


Tidak Ganggu DPT

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan 2.005 e-KTP yang tercecer di Duren Sawit, Jakarta Timur sudah kedalursa dan tidak akan mengganggu sistem database daftar pemilih tetap (DPT). Pendataan DPT dalam proses tahapan pemilu akan berjalan normal.

Tjahjo mengatakan siap dipecat jika kasus terkait kartu identitas ini mengganggu pendataan DPT. Dia memastikan kasus tersebut tidak akan berpengaruh dengan sistem. "Kalau toh ada yang tidak terdata mungkin dia punya KTP ganda, yang tadi saya sampaikan. Dia sengaja belum punya datanya, ini dijamin nggak akan ada, saya tanggung jawab, saya siap dipecat kalau ada satu nama pun satu data yang tercecer mengganggu konsolidasi ini, saya siap dipecat, dan ini nggak ada hubungannya dengan sistem yang ada," ucapnya.


Misteri Pembuang e-KTP


Wakil Direktur Tindak Pidana Umum (Wadir Tipiddum) Bareskrim Polri Kombes Agus Nugroho mengatakan kasus tercecernya ribuat e-KTP ditangani Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya dan Polres Jaktim dengan pengawasan dari Bareskrim Polri.

Total ada 10 saksi yang sudah diperiksa mengenai kasus tersebut. Polisi masih mengembangkan kasus itu dan berencana memanggil saksi lain.

"Lagi kita lakukan lidik mendalam," ujar Kapolres Jakarta Timur Kombes Yoyon Tony Surya saat ditanya tentang aktor pembuang e-KTP di Duren Sawit, Senin (10/12/2018).

Sedangkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menduga pembuang 2.005 e-KTP di Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur sama dengan pembuang di Bogor pada Mei 2018. "Ini penjualan hanya jual blangko, nggak sampai kepada perekaman. Tetapi ini tahun politik, ya, sensitif. Harus kita cari siapa yang tanggung jawab, siapa yang buang, karena ada indikasi orang sama yang dulu di Bogor yang sekarang tercecer di Duren Sawit," ujar Mendagri.
  • [message]
    • [👀 SUMBER BERITA Dan Judul Asli - Mari Kita Sama Sama Cross Check, Pada Dasarnya Situs Ini Hanyalah Mengambil Isi Tulisan Dari Link Dengan Judul Dibawah Ini - Terima Kasih - SUARASOSMED - RAKYAT SOSMED - Bangga Menjadi Bagian Dari Kalian Selama Ini ]
      • [Judul Asli ► Sumber Berita ► 👀👉 DETIKCOM ]

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,4704,DAERAH,430,EKONOMI,422,INTERMEZO,497,INVESTIGASI,227,JAKARTA,385,Kejadian,471,KIRIMAN NETIZEN,111,KORUPSI,261,KRIMINAL,778,OLAHRAGA,6,OPINI,764,PIALA DUNIA 2018,6,POLITIK,1762,TEKNOLOGI,5,TERORIS,181,VIRAL,2192,WORLD,195,
ltr
item
RAKYAT SOSMED: Ribuan EKTP Tercecer Di Duren Sawit, Simak Ini Fakta Fakta Yang Ditemukan Hingga Sekarang
Ribuan EKTP Tercecer Di Duren Sawit, Simak Ini Fakta Fakta Yang Ditemukan Hingga Sekarang
Ribuan e-KTP tercecer di dekat persawahan di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah meminta kepolisian mengusutnya.
https://4.bp.blogspot.com/-Rxbl_k16Y_s/XA8Wug6ZmlI/AAAAAAAA8B4/NpYIsULWcnIg0tjz_uEipD0hrtDeoytGQCLcBGAs/s1600/%25C2%25A9suarasosmed-EKTP%2Btercecer.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Rxbl_k16Y_s/XA8Wug6ZmlI/AAAAAAAA8B4/NpYIsULWcnIg0tjz_uEipD0hrtDeoytGQCLcBGAs/s72-c/%25C2%25A9suarasosmed-EKTP%2Btercecer.jpg
RAKYAT SOSMED
https://www.suarasosmed.info/2018/12/ribuan-ektp-tercecer-di-duren-sawit.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2018/12/ribuan-ektp-tercecer-di-duren-sawit.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy