Loading...

Harta Keluarga Soeharto, Rekening Swiss Dan Aksi Ganti Presiden 2019

Mari kita bahas sekilas tentang harta Soeharto selama ini...Pada tanggal 6 September 1998, Soeharto tampil di TV Swasta milik anaknya (TPI) dengan mengatakan bahwa :"Saya tidak punya uang satu sen pun"


RAKYAT SOSMED - Mari kita bahas sekilas tentang harta Soeharto selama ini...Pada tanggal 6 September 1998, Soeharto tampil di TV Swasta milik anaknya (TPI) dengan mengatakan bahwa :"Saya tidak punya uang satu sen pun"

Ada yang percaya dengan omongan Soeharto tersebut ???

Faktanya, Soeharto adalah seorang diktator terkorup sedunia abad ke-20 seperti yang dimuat dalam situs https://m.republika.co.id/berita/nasional/hukum/14/07/04/n85dwn-soeharto-diktator-terkorup-sedunia-abad-ke20

Pada tahun 2004, lembaga internasional Transparency International (TI) yang merupakan lembaga internasional yang dikenal luas dengan komitmennya memberantas korupsi, pernah menobatkan Soeharto sebagai koruptor paling kaya di dunia.

Seperti yang dikuti oleh BBC News, TI mencatat kekayaan Soeharto dari hasil korupsi mencapai US$ 15-35 miliar. Sebagian besar di antaranya diduga kuat hasil jarahan selama 32 tahun berkuasa di Indonesia sejak 1967 seperti yang dilansir dalam situs https://nasional.tempo.co/read/41026/soeharto-koruptor-terkaya-di-dunia

Bahkan, halaman majalah Forbes pada tanggl 31 Agustus 2015 memuat nama Soeharto sebagai pemimpin negara paling korup sedunia karena selama 31 tahun masa jabatannya, negara merugi sebesar USD 35 miliar (setara Rp 457 triliun) dan harta tersebut mengalir deras kepada 'Keluarga Cendana' seperti yang diberitakan dalam situs https://www.merdeka.com/dunia/ni-dia-lima-daftar-pemimpin-dunia-terkorup.html

Jadi selama 32 tahun kepemimpinannya di Indonesia, Soeharto dan keluarganya makin kaya raya, dan lucunya ada "antek" Soeharto sekarang teriak rindu Soeharto ???

Kalian "waras" ???

Penulis tidak akan membahas bentuk "premanisme" pemerintahan Soeharto dalam tulisan ini, penulis akan fokus membahas tentang harta Soeharto dan keluarganya !!!

Harta Keluarga Soeharto dan Rekening Swiss

Setelah Soeharto terkenal di level nasional dan internasional sebagai diktator terkorup sedunia abad ke-20 maka sudah pasti harta Soeharto dan keluarganya banyak. Sebenarnya tidak masalah selama diperoleh dengan cara yang halal, tapi masalahnya akan lain jika diperoleh melalui hasil korupsi dan kolusi korupsi dan nepotisme (KKN).

Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh Time pada tahun 1999, menyebutkan bahwa Soeharto sudah membangun kerajaan bisnis dan menimbun miliaran dolar AS baik di dalam maupun di luar negeri.

Beberapa aset Soeharto di luar negeri yaitu taman berburu senilai 4 juta dolar AS di Selandia Baru dan saham di kapal pesiar senilai 4 juta dolar AS yang ditambatkan di dekat Darwin, Australia.

Bahkan, Soeharto diketahui memiliki rekening di bank Swiss. Hal ini diketahui setelah Soeharto lengser !!!

Soeharto ketahuan mentransfer 9 miliar dolar AS dari bank Swiss ke akun bank Austria.

Itu sebagian harta Soeharto yang sudah diketahui ada di luar negeri, bagaimana dengan harta Soeharto di dalam negeri ???

Menurut laporan Badan Pertanahan Nasional yang dikutip oleh Time, Soeharto mengendalikan 3,6 juta hektare lahan yasan (real estate) dan 100.000 meter persegi ruangan kantor di Jakarta. Dalam laporan New York Times, aset Soeharto diperkirakan mencapai 30 miliar dolar AS. Lembaga Transparency International bahkan menyebutkan jika harta Soeharto mencapai 15-35 miliar dolar AS.

Pertanyaannya, jika Soeharto punya banyak uang, apa mungkin anaknya tidak punya uang ???

Dalam laporan The Economist menyebutkan bahwa total harta pribadi Soeharto sebesar 16 miliar dolar AS karena telah dibagi-bagi kepada istri, enam anak, saudara tiri, hingga cucu laki-laki Soeharto.

Berdasarkan laporan Time, anak-anak Soeharto memiliki ekuitas di sekitar 564 perusahaan, dan memiliki hubungan dengan ratusan perusahaan luar negeri lain yang tersebar dari Amerika Serikat, Uzbekistan, Belanda, Nigeria, dan Vanuatu.

Siti Hardijanti Rukmana

Siti Hardijanti Rukmana Tutut dikabarkan memiliki sejumlah pesawat seperti Boeing 737, Canadian Challenger 601, BAC - 111, McDonnell Douglas DC-10, dan pesawat dari Royal Squadron.

Tommy Soeharto

Menurut laporan New York Times, Tommy memiliki memiliki 75 persen saham di lapangan golf lengkap dengan 22 apartemen mewah di Ascot, Inggris, sedangkan di Indonesia, Tommy pernah membangun proyek mobil nasional atau mobil Timor yang berasosiasi dengan Kia Motors asal Korea Selatan. Di Jakarta, Tommy juga membangun sirkuit mobil di areal seluas 425 ha dengan biaya 50 juta dolar AS.

Bambang Trihatmodjo

Dia memiliki rumah peristirahatan mewah senilai 8 juta dolar AS di Singapura dan sebuah rumah seharga 12 juta dolar AS di sebuah lingkungan eksklusif di Los Angeles yang tak jauh dari rumah Sigit Harjoyudanto (putra kedua Soeharto) senilai 9 juta dolar AS. Dan majalah Forbes tahun 2007 menobatkan Bambang sebagai orang terkaya ke-33 di Indonesia. Total harta yang dimilikinya 200 juta dolar AS.

Dalam laporan Time, diketahui jika keluarga Soeharto mendapatkan kontrak-kontrak Pertamina untuk asuransi, keamanan, suplai makanan, dan jasa-jasa lain. Totalnya mencapai 170 kontrak, selain itu perusahaan Perta Oil Marketing dan Permindo Oil Trading milik Tommy dan Bambang menjadi perusahaan penyalur minyak bagi Pertamina pada 1980-an. Dua perusahaan ini menerima komisi sekitar 30-35 sen dolar per barrel.

Pertanyaannya...

Ada yang tahu apa hubungan antara Perta Oil Marketing dan Permindo Oil Trading milik Tommy dan Bambang dengan PT Pertamina Energy Trading (Petral) yang berdomisili di Singapura ???

Petral ini berdiri pada tahun 1969 dengan nama Petra Group, dan Tommy Soeharto dan Bob Hasan "Sohib" Soeharto memiliki masing-masing 20 persen !!!

Wakil Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas Naryanto Wagimin mengakui hingga saat ini Tommy Soeharto masih memiliki saham di Petral seperti yang dilansir dalam situs https://ekbis.sindonews.com/read/929838/34/tommy-suharto-akan-ditelisik-terkait-saham-di-petral-1417077144

Dan akhirnya, Presiden Jokowi berani membubarkan Petral ini sehingga negara bisa hemat 250 miliar rupiah per hari seperti yang dilansir dalam situs https://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/05/18/0853025/Petral.Dibubarkan.Pertamina.Hemat.Rp.250.Miliar.Per.Hari

Selain itu, Pertamina juga bisa hemar 21 triliun rupiah seperti yang dilansir dalam situs https://bisnis.tempo.co/read/817416/petral-dibubarkan-pertamina-hemat-rp-21-triliun

Yayasan Milik Soeharto

Sudah menjadi rahasia umum, jika yayasan yang dibentuk oleh Soeharto selama ini menjadi sumber dana yang menopang kekuasaannya, sekaligus menjadi bancakan perusahaan-perusahaan yang dimiliki anak-anak dan para kroninya, jadi gak heran jika setelah Soeharto lengser, banyak kasus penyelewengan dana yayasan terkuak !

Dalam buku karya George Junus Aditjondro yang lain, Korupsi Kepresidenan, Reproduksi Oligarki Berkaki Tiga: Istana, Tangsi, dan Partai Penguasa (2006), menyebutkan bahwa Soeharto secara resmi didakwa Jaksa Agung pada 8 Agustus 2000 karena menggelapkan 571 juta dolar AS dari tujuh yayasan yang diketuainya ketika menjabat sebagai presiden.

“Meskipun secara tidak langsung yayasan-yayasan ini dibiayai publik, uang yang terkumpul dan digunakan oleh yayasan-yayasan ini tidak diawasi negara. Semua kegiatan keuangan yayasan-yayasan ini dikontrol lingkaran-dalam Soeharto dan tidak atas supervisi publik,” tulis George seperti yang dimuat dalam situs https://tirto.id/modus-soeharto-mencatut-uang-publik-lewat-yayasan-cDPf

Yang terbaru, salah satu yayasan milik Soeharto yaitu yayasan Supersemar dihukum untuk membayar Rp 4,3 triliun kepada negara seperti yang sudah penulis baha dalam tulisan sebelumnya di https://seword.com/politik/aneh-soeharto-diktator-terkorup-sedunia-abad-ke20-dikatakan-pionir-pemberantasan-korupsi-di-indonesia-4pOMLsZdw

Kesimpulan :

Soeharto diktator terkorup sedunia abad ke-20 dan memiliki rekening di Swiss dan Presiden Jokowi sudah melakukan penandatanganan Mutual Legal Assistance (MLA) dengan Pemerintah Swiss untuk mengambil uang hasil kejahatan yang disimpan di Swiss.

Yayasan milik Soeharto wajib bayar Rp 4,3 triliun kepada negara

Perusahaan Petral sahamnya dimiliki oleh Tommy Soeharto 20 persen dan Bob Hasan 20 persen sudah dibubarkan oleh Presiden Jokowi sehingga negara bisa hemat Rp 250 miliar per hari dan Pertamina juga bisa hemat sebesar Rp 21 triliun

Makanya tidak heran jika Tommy Soeharto sekarang jadi anggota Dewan Pembina pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno dan Titiek Soeharto jadi anggota Dewan Pengarah pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno seperti yang dilansir dalam situs https://m.detik.com/news/berita/4221185/tommy-soeharto-dewan-pembina-timses-prabowo-titiek-dewan-pengarah

Apakah anak-anak Soeharto tidak mau membayar Rp 4,3 triliun kepada negara terkait yayasan milik Soeharto ???

Apakah anak-anak Soeharto "ketakutan" setelah Presiden Jokowi ingin menyita uang hasil kejahatan yang disimpan di Swiss ???

Apakah Tommy Soeharto "marah" kepada Presiden Jokowi karena Jokowi sudah menutup Petral yang 20 persen sahamnya dimiliki oleh Tommy Soeharto dan 20 persen sahamnya oleh Bob Hasan "sohib" Soeharto ???

Jadi, sekarang paham kenapa anak-anak Soeharto dukung Prabowo (menantu) Soeharto pada pilpres 2019 nanti untuk melawan Jokowi yang berani melawan mafia migas dan lawan koruptor yang menyimpan uang hasil kejahatannya di luar negeri (Swiss) !

Lalu, apakah rakyat Indonesia masih mau mau milih Prabowo-Sandiaga Uno pada pilpres 2019 setelah mengetahui ada anak Soeharto yang merupakan diktator terkorup sedunia abad ke-20 di belakang Prabowo-Sandiaga Uno ???

Silahkan rakyat menilainya sendiri...

#JokowiLagi

Wassalam,

Nafys

Referensi :

https://tirto.id/di-luar-paradise-papers-berapa-banyak-harta-keluarga-soeharto-czM6
  • [message]

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,4984,DAERAH,436,EKONOMI,431,INTERMEZO,505,INVESTIGASI,233,JAKARTA,394,Kejadian,489,KIRIMAN NETIZEN,178,KORUPSI,267,KRIINAL,1,KRIMINAL,833,OLAHRAGA,6,OPINI,787,PIALA DUNIA 2018,6,POLITIK,1929,TEKNOLOGI,5,TERORIS,187,VIRAL,2469,WORLD,206,
ltr
item
RAKYAT SOSMED: Harta Keluarga Soeharto, Rekening Swiss Dan Aksi Ganti Presiden 2019
Harta Keluarga Soeharto, Rekening Swiss Dan Aksi Ganti Presiden 2019
Mari kita bahas sekilas tentang harta Soeharto selama ini...Pada tanggal 6 September 1998, Soeharto tampil di TV Swasta milik anaknya (TPI) dengan mengatakan bahwa :"Saya tidak punya uang satu sen pun"
https://2.bp.blogspot.com/-iB_rIS-_T9c/XBhEC6Ez2zI/AAAAAAAA8W8/6aJ3taMSwUIFavhCORhfoVFL6GIPxaJygCLcBGAs/s1600/%25C2%25A9suarasosmed-KEREN.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-iB_rIS-_T9c/XBhEC6Ez2zI/AAAAAAAA8W8/6aJ3taMSwUIFavhCORhfoVFL6GIPxaJygCLcBGAs/s72-c/%25C2%25A9suarasosmed-KEREN.jpg
RAKYAT SOSMED
https://www.suarasosmed.info/2018/12/harta-keluarga-soeharto-rekening-swiss.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2018/12/harta-keluarga-soeharto-rekening-swiss.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy