Loading...

ANALISA : Jokowi Kalah di Medsos Dan Di Akar Rumput

Kekalahan Jokowi di medsos, sebenarnya sudah lama terjadi. Militansi pendukung Prabowo di medsos memang luar biasa. Banyak yang menganggap remeh hal ini. Padahal hari ini, ada sekitar 130 juta pengguna aktif medsos. Efeknya bisa dibayangkan sendiri.


RAKYAT SOSMED - Kekalahan Jokowi di medsos, sebenarnya sudah lama terjadi. Militansi pendukung Prabowo di medsos memang luar biasa. Banyak yang menganggap remeh hal ini. Padahal hari ini, ada sekitar 130 juta pengguna aktif medsos. Efeknya bisa dibayangkan sendiri.

Analisis kekalahan di medsos ini bukan hal baru. Kemarin saya masih berusaha menyangkal, sengaja ingin menenangkan. Pertarungan masih cukup jauh. Tetapi melihat gelagat Prabowo kemarin, saya menyadari, kondisi Jokowi di medsos makin berbahaya.

Orang-orang melihat gelagat Prabowo-Sandi sebatas lelucon. Yang tidak mereka sadari, semua itu sebenarnya terencana. Cara itu sebelumnya juga dilakukan oleh Trump. Prabowo benar-benar meniru Trump habis-habisan. Dan dia tidak salah, karena cara itu berhasil di Amerika.

Jika negara semaju Amerika saja bisa goyah, apalagi Indonesia?

Ketika Prabowo mencak-mencak ke media massa, Jokower hanya melihatnya sebagai lawakan. Padahal sebenarnya, Prabowo sedang menciptakan sekat untuk pendukungnya. Prabowo menyadari, ia kalah populer di media massa dibanding Jokowi. Karena Jokowi Presiden. Setiap gerak-langkahnya jadi berita.

Maka, sekat ke media massa (mainstream) itu sengaja dibuatnya. Prabowo terlihat heroik, karena berani melawan hampir semua media massa mainstream. Ia seolah dizalimi. Padahal itu upaya menciptakan dunianya sendiri, yang tak bisa dimasuki oleh lawan. Itu dilakukan agar pendukung fanatiknya tak terpengaruh berita positif tentang Jokowi.

Sementara itu, mereka memperkuat konsolidasi medsos. Perhatikan grup-grup medsos pendukung Prabowo, kebanyakan tertutup, tapi sangat aktif. Salah satu grup yang baru saya intai memiliki kecepatan posting 45 detik per post.

Sekarang lihat grup Jokowi, selain admin, yang militan bisa dihitung dengan jari. Pendukung Jokowi sudah adem-ayem. Mereka merasa menang dan tak perlu bergerak. Beberapa di antara mereka malah sibuk memberi kuliah soal moral.

Sementara tim militan Prabowo menjadikan hape mereka adalah jihad mereka. Setiap video, postingan seleb medsos mereka, diblasting ke mana-mana. Mereka bahkan sudah tak peduli soal dosa. Fitnah, hoax, black campaign, mereka lahap semua.



Pendukung Jokowi kebanyakan tampak malu-malu. Seolah menyebarkan hal positif tentang Jokowi adalah aib. Apalagi berkampanye seperti kelompok sebelah. Mungkin dianggap dosa besar.

Merebut suara fanatik Prabowo, hitungannya hampir mustahil. Mereka telah membentuk sekat dan menjauh dari dunia ramai. Sementara Prabowo masih mungkin merebut suara fanatik Jokowi, karena sifatnya yang terbuka. Minimal membuat mereka ragu dan tak memilih.

Kita sama tahu, survey pemilih Jokowi cenderung stagnan, atau turun tipis. Peluang merebut swing voter semakin keras, karena pihak Prabowo tentu akan menggunakan semua cara untuk menang. Termasuk dengan meniru cara-cara kotor Trump.

Sama seperti Prabowo, Jokowi juga punya pasukan medsos yang didanai. Mereka bergerak di dunia maya. Semacam siluman yang menyerang lawan dengan kejam. Tim ini golongan yang cerdas, punya massa, bergerak sistematis.

Di kubu Prabowo, dengan sebab dendam dan gairah merebut kekuasaan, tim seperti itu telah dikonsolidasikan sejak lama. Bahkan secara alami, organ PKS (yang tak terlalu cerdas) terus bekerja siang-malam. Gratis tanpa perlu bayaran.

Ironisnya, saya dengar desas-desus, Tim penyerang di kubu Jokowi itu sudah lama kehabisan bensin. Mereka terbiarkan kelaparan dan tak terurus bertahun-tahun lamanya. Sebagian dari mereka masih terus bertarung meski hanya memakai sendal jepit. Berpedang tumpul, dalam keadaan haus dan lapar. Sebagian yang lain memilih diam atau balik arah.

Pertanyaan saya kemudian, ke mana perginya para bohir, komisaris-komisaris BUMN, tuan pemilik lahan basah? Mereka yang secara finansial diuntungkan dengan kemenangan Jokowi. Apakah mereka tengah sibuk menikmati kemenangan dan membiarkan pasukan coro terabaikan? Apakah mereka sudah merasa aman dan tak perlu lagi bekerja keras?

Melihat gerakan tim Prabowo, terutama di medsos, TKN Jokowi-Amin menurut saya, lebih mirip sekelompok badut. Banyak gaya sedikit hasilnya. Erick Thohir?? Republika yang ada di bawah kendalinya saja terus-menerus menyerang Jokowi. TKN saat ini terlihat gendut dan bingung sendiri.

Hari ini Jokowi telah kalah di medsos. Ini kabar buruk, karena progres di kubu Jokowi masih stagnan, bahkan mungkin makin minus. Memang masih ada sedikit waktu, tapi jika tak secepatnya diatasi, Indonesia, bersiaplah menerima guncangan...

Kajitow Elkayeni
  • [message]
    • [👀 SUMBER BERITA Dan Judul Asli - Mari Kita Sama Sama Cross Check, Pada Dasarnya Situs Ini Hanyalah Mengambil Isi Tulisan Dari Link Dengan Judul Dibawah Ini - Terima Kasih - SUARASOSMED - RAKYAT SOSMED - Bangga Menjadi Bagian Dari Kalian Selama Ini ]

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,3669,DAERAH,352,EKONOMI,340,INTERMEZO,448,INVESTIGASI,180,JAKARTA,365,Kejadian,379,KIRIMAN NETIZEN,93,KORUPSI,223,KRIMINAL,583,OLAHRAGA,6,OPINI,694,PIALA DUNIA 2018,6,POITIK,1,POLITIK,1346,TEKNOLOGI,3,TERORIS,161,VIRAL,1600,WORLD,172,
ltr
item
SUARA SOSIAL MEDIA: ANALISA : Jokowi Kalah di Medsos Dan Di Akar Rumput
ANALISA : Jokowi Kalah di Medsos Dan Di Akar Rumput
Kekalahan Jokowi di medsos, sebenarnya sudah lama terjadi. Militansi pendukung Prabowo di medsos memang luar biasa. Banyak yang menganggap remeh hal ini. Padahal hari ini, ada sekitar 130 juta pengguna aktif medsos. Efeknya bisa dibayangkan sendiri.
https://1.bp.blogspot.com/-c4q8gxErxDc/XAm7qp10RmI/AAAAAAAA73I/aFc8uh3QnxY_AGD0rgUlTZGrcOyayD6eQCLcBGAs/s1600/Mantap-Jokowi-Instruksikan-Bara-JP-Lampung-Blusukan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-c4q8gxErxDc/XAm7qp10RmI/AAAAAAAA73I/aFc8uh3QnxY_AGD0rgUlTZGrcOyayD6eQCLcBGAs/s72-c/Mantap-Jokowi-Instruksikan-Bara-JP-Lampung-Blusukan.jpg
SUARA SOSIAL MEDIA
https://www.suarasosmed.info/2018/12/analisa-jokowi-kalah-di-medsos-dan-di.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2018/12/analisa-jokowi-kalah-di-medsos-dan-di.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy