Loading...

Ya Ampun, Lama Banget, Butuh 6 Bulan Polisi Tetapkan Gus Nur Tersangka Pencemaran Nama Baik, Ini Alasannya

Surabaya - Sugi Nur Raharja alias Gus Nur menjadi tersangka kasus pencemaran nama baik. Gus Nur terancam hukuman 4 tahun penjara. Dalam vlog-nya, Gus Nur dilaporkan menghina NU. Kasus ini dilaporkan sejak Mei 2018.


RAKYAT SOSMED - Surabaya - Sugi Nur Raharja alias Gus Nur menjadi tersangka kasus pencemaran nama baik. Gus Nur terancam hukuman 4 tahun penjara. Dalam vlog-nya, Gus Nur dilaporkan menghina NU. Kasus ini dilaporkan sejak Mei 2018.

Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Harissandi menyebut penetapan tersangka telah dilakukan seminggu lalu dalam suatu gelar perkara. Sesuai pasal 27 ayat 3 (UU ITE)

"Karena bukti sudah terpenuhi, kami tetapkan sebagai tersangka. Dalam kasus ini adalah pencemaran nama baik sesuai pasal 27 ayat 3 (UU ITE). Karena ancaman hukumannya 4 tahun, jadi tidak bisa ditahan," kata Harissandi kepada wartawan di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani.

Baca juga: Tetapkan Gus Nur Tersangka, Polisi Tegaskan Tak Kriminalisasi Ulama

Sementara Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengaku dalam kasus ini, Gus Nur tersangkut pasal 27 ayat (3) dan pasal 45 ayat (3) UU ITE. Kedua pasal tersebut menyebutkan pelaku melanggar lantaran mendistribusikan suatu informasi bermuatan penghinaan atau pencemaran nama baik.

Sebenarnya, jelas Barung, kasus ini sudah tiga bulan ditangani Subdit V Cyber Crime Ditreskrimum Polda Jatim. Tepatnya sejak September 2018.
"(Kita tetapkan menjadi tersangka) Setelah kita lakukan cukup lama ini kasus dari 2018 di bulan September sampai dengan November," lanjut Barung.

Penetapan tersangka ini sesuai laporan yang masuk ke polisi dan melihat fakta-fakta hukum yang telah dicocokkan dengan keterangan empat saksi ahli yakni dari dua ahli pidana, satu ahli ITE, dan satu ahli bahasa.

"Di mana letak kriminalisasi yang dilakukan polda? kecuali itu bukan tindak pidana dijadikan pidana atau tidak ada tindak pidana dijadikan pidana," jelas Barung.

"Ini ada yang melapor bahkan banyak mengatasnamakan generasi NU dan ada yang melakukan tindakan melanggar hukum mengupload di dunia maya, yang disaksikan semua orang dengan kata-kata yang tidak pantas dikatakan saksi ahli dan bahasa," imbuh Barung.

Barung menjelaskan pelapor merupakan koordinator Forum Pembela Kader Muda NU yang sekaligus Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim. Dalam laporannya 12 September, pelapor mengaku mendapat kiriman vlog tersebut di grup whatsapp.

Video tersebut dibuat, Sabtu (19/5/2018). Gus Nur membuat vlognya di Pesantren Karomah, Palu, Sulawesi Tengah. Video tersebut dibuat menggunakan kamera DSLR merek Canon dengan durasi 28 menit, 25 detik dengan judul Generasi Muda NU Penjilat. Namun yang menjadi barang bukti hanya video berdurasi 1 menit 27 detik.

Setelah itu, Gus Nur baru mengunggah video tersebut di akun youtubenya pada Minggu (20/5/2018). Barung mengatakan dalam keterangan saksi ahli, tersangka memang mengucapkan kata-kata kasar dengan menghina Pemuda NU.
  • [message]
    • [👀 SUMBER BERITA Dan Judul Asli - Mari Kita Sama Sama Cross Check, Pada Dasarnya Situs Ini Hanyalah Mengambil Isi Tulisan Dari Link Dengan Judul Dibawah Ini - Terima Kasih - SUARASOSMED - RAKYAT SOSMED - Bangga Menjadi Bagian Dari Kalian Selama Ini ]

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,3657,DAERAH,350,EKONOMI,340,INTERMEZO,448,INVESTIGASI,180,JAKARTA,364,Kejadian,377,KIRIMAN NETIZEN,93,KORUPSI,223,KRIMINAL,582,OLAHRAGA,6,OPINI,694,PIALA DUNIA 2018,6,POITIK,1,POLITIK,1341,TEKNOLOGI,3,TERORIS,161,VIRAL,1596,WORLD,172,
ltr
item
SUARA SOSIAL MEDIA: Ya Ampun, Lama Banget, Butuh 6 Bulan Polisi Tetapkan Gus Nur Tersangka Pencemaran Nama Baik, Ini Alasannya
Ya Ampun, Lama Banget, Butuh 6 Bulan Polisi Tetapkan Gus Nur Tersangka Pencemaran Nama Baik, Ini Alasannya
Surabaya - Sugi Nur Raharja alias Gus Nur menjadi tersangka kasus pencemaran nama baik. Gus Nur terancam hukuman 4 tahun penjara. Dalam vlog-nya, Gus Nur dilaporkan menghina NU. Kasus ini dilaporkan sejak Mei 2018.
https://4.bp.blogspot.com/-3SoaEa0VeqA/W_d6eJZqNBI/AAAAAAAA7RM/AuswNYiA1aM65gDTTcPd2DTqaP8Y6AP1QCLcBGAs/s1600/YA%2BAMPUN.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-3SoaEa0VeqA/W_d6eJZqNBI/AAAAAAAA7RM/AuswNYiA1aM65gDTTcPd2DTqaP8Y6AP1QCLcBGAs/s72-c/YA%2BAMPUN.jpeg
SUARA SOSIAL MEDIA
https://www.suarasosmed.info/2018/11/ya-ampun-lama-banget-butuh-6-bulan.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2018/11/ya-ampun-lama-banget-butuh-6-bulan.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy