Loading...

Mengejutkan, Ini Alasan Dahnil Kembalikan Dana Rp2 Miliar, GP Ansor Kebagian Rp3,5 Miliar

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengaku telah mengembalikan uang Rp2 miliar ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).Namun Dahnil menyebut bukan hanya PP Muhammadiyah yang menerima dana kegiatan Apel dan Kemah Pemuda Islam Indonesia 2017. GP Ansor justru menerima dana lebih besar. GP Ansor menerima dana Rp3,5 miliar.


RAKYAT SOSMED -  Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengaku telah mengembalikan uang Rp2 miliar ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).Namun Dahnil menyebut bukan hanya PP Muhammadiyah yang menerima dana kegiatan Apel dan Kemah Pemuda Islam Indonesia 2017. GP Ansor justru menerima dana lebih besar. GP Ansor menerima dana Rp3,5 miliar.

Dahnil Anzar mengatakan, kegiatan bersama Pemuda Muhammadiyah dan GP Ansor diinisiasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

“Pemuda Muhammadiyah diberikan fasilitasi untuk memobilisasi peserta sekitar Rp 2 miliar. Nah sedangkan GP Ansor Rp 3,5 miliar,” ujar Dahnil, Sabtu (24/11).

Sementara itu, Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Ahmad Fanani mengatakan, ada dua alasan PP Muhammadiyah mengembalikan duit Rp 2 miliar kepada Kemenpora.

Alasan pertama, soal harga diri. Pemuda Muhammadiyah sangat lantang menyuarakan pemberantasan korupsi, misalnya dengan mendirikan Madrasah Antikorupsi.

Namun sekarang, Pemuda Muhammadiyah diframing seolah-olah melakukan tindak pidana korupsi.

“Tuduhan ini terang mendelegitimasi apa yang kami suarakan,” terang Ahmad Fanani yang saat itu menjadi ketua panitia dari Pemuda Muhammadiyah, Sabtu (24/11).

Menurutnya. Muhammadiyah sudah terbiasa mandiri. Apalagi pada acara Apel dan Kemah Pemuda Islam Indonesia 2017 yang kini dipermasalahkan, Pemuda Muhammadiyah bukan pada posisi meminta-minta atau mengejar-ngejar.

“Bahkan kami yang dikejar-kejar, sampai pengajuan (kegiatan) ditagih pihak Kemenpora. Sekarang dituduh penggelapan, ini kan harga diri, makanya kami kembalikan uang itu,” tutur Ahmad Fanani.

Alasan kedua, ada ketidaksesuaian antara poin-poin yang disepakati dalam kontrak kerjasama dengan realisasi kegiatan.

Misalnya, kegiatan yang diajukan Pemuda Muhammadiyah adalah Pengajian Akbar dan digelar di beberapa titik, tapi faktanya apel dan hanya dipusatkan di satu titik yaitu Prambanan, Sleman.

Selanjutnya, Pemuda Muhammadiyah juga meminta agar organisasi kepemudaan Islam yang lain juga diajak, tapi tidak teralisasi. Soal tanggal kegiatan juga di luar kesepatan, dari tanggal 10 Desember menjadi 16 Desember 2017.

“Pada waktu itu kami tidak curiga, karena niat kami ingin membantu pemerintah terkait kekhawatiran dengan potensi konflik horizontal yang semakin meluas, isu anti-Pancasila dan isu antitoleransi. Kalau memang kami mau dikerjain, makanya kami balikkan (uangnya),” sebut Ahmad Fanani.

“Jadi, kami ikuti pasal 9 dalam perjanjian (kontrak) tentang kewajiban dan sanksi. Apabila kami tidak merealisasikan kegiatan yang dimaksud maka perjanjian ini batal demi hukum. Maka kami harus mengembalikan seluruh dana bantuan. Ini sebagai komitmen kami ya kami kembalikan,” tambahnya.

Di awal, masih kata Ahmad Fanani, pihaknya juga sudah berusaha agar bantuan Kemenpora berupa program bukan uang cash, tapi itu tidak terwujud.

Akhirnya Muhammadiyah menerima uang tersebut sebagai mobilisasi. Mereka juga tidak terlibat dalam penyelenggaraan yang semuanya ditangani GP Ansor.

Adapun sumber pengembalian dana Rp 2 miliar ke Kemenpora pada Jumat kemarin berasal dari dana internal Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

GP Ansor: Dana Kita Gunakan Sesuai Prosedur

Panitia Kemah Pemuda Islam dari GP Ansor, Safaruddin membenarkan bahwa GP Ansor kebagian dana dari Kemenpora Rp3,5 miliar. Namun penggunaan dana itu sudah sesuai prosedur.

“Ya betul (ada dana Rp 3,5 miliar), dan kita sudah sesuai prosedur. Secara prosedur kita ikuti, sesuai aturan. Dari awal sampai akhir, secara teknis GP Ansor telah terpenuhi, begitu,” kata Safaruddin, seperti dilansir detikcom, Sabtu (24/11/2018).

Safaruddin merupakan panitia kemah pemuda yang mewakili GP Ansor memenuhi panggilan Polda Metro Jaya pada Senin (19/11) lalu. Safaruddin menyebut diperiksa polisi sejak pukul 10.00 WIB hingga tengah hari.

“Kita jelaskan teknis pelaksanaan seperti apa. Secara administrasi seperti apa, dua hal itu, yang penting kita dari GP Ansor secara prosedural memenuhi, secara teknis dari pelaksanaan kegiatan kita jalankan, sehingga clear tidak ada masalah,” tutur Safaruddin.

Mengenai rincian peruntukkan Rp 3,5 miliar yang diterima GP Ansor, Safaruddin menyebut keterangan itu sudah menjadi domain polisi.

“Kalau itu kan di penyidik sudah kita sampaikan, kaitan sama isi penyelidikan, mungkin bisa konfirmasi ke sana. Tapi kita clear, dari polisi dari audit, kan ada audit BPK segala macam, dari Kemenpora juga ada fungsi pendampingan, selama ini kita tidak ada masalah,” terangnya.

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,3669,DAERAH,352,EKONOMI,340,INTERMEZO,448,INVESTIGASI,180,JAKARTA,365,Kejadian,379,KIRIMAN NETIZEN,93,KORUPSI,223,KRIMINAL,583,OLAHRAGA,6,OPINI,694,PIALA DUNIA 2018,6,POITIK,1,POLITIK,1346,TEKNOLOGI,3,TERORIS,161,VIRAL,1600,WORLD,172,
ltr
item
SUARA SOSIAL MEDIA: Mengejutkan, Ini Alasan Dahnil Kembalikan Dana Rp2 Miliar, GP Ansor Kebagian Rp3,5 Miliar
Mengejutkan, Ini Alasan Dahnil Kembalikan Dana Rp2 Miliar, GP Ansor Kebagian Rp3,5 Miliar
Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengaku telah mengembalikan uang Rp2 miliar ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).Namun Dahnil menyebut bukan hanya PP Muhammadiyah yang menerima dana kegiatan Apel dan Kemah Pemuda Islam Indonesia 2017. GP Ansor justru menerima dana lebih besar. GP Ansor menerima dana Rp3,5 miliar.
https://2.bp.blogspot.com/-GE7KAlLA740/W_n09f7T2VI/AAAAAAAA7VI/N-wjUq7OtDgchnv5GfOKR1W6khcv3YtlQCLcBGAs/s1600/DAHNIL.webp
https://2.bp.blogspot.com/-GE7KAlLA740/W_n09f7T2VI/AAAAAAAA7VI/N-wjUq7OtDgchnv5GfOKR1W6khcv3YtlQCLcBGAs/s72-c/DAHNIL.webp
SUARA SOSIAL MEDIA
https://www.suarasosmed.info/2018/11/mengejutkan-ini-alasan-dahnil.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2018/11/mengejutkan-ini-alasan-dahnil.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy