Loading...

ALAMAK, Terancam Tak Lolos Ambang Batas, PKS Pasang Strategi Gratiskan Pajak Motor Dan SIM Seumur Hidup

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mulai menebar janji kampanye. Kader PKS ramai-ramai berjanji menghapuskan pajak kendaraan bermotor dan memberlakukan SIM seumur hidup.PKS berencana menginisiasi rancangan Undang-Undang (RUU) untuk mengeksekusi janji itu lewat jalur legislatif.


RAKYAT SOSMED - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mulai menebar janji kampanye. Kader PKS ramai-ramai berjanji menghapuskan pajak kendaraan bermotor dan memberlakukan SIM seumur hidup.PKS berencana menginisiasi rancangan Undang-Undang (RUU) untuk mengeksekusi janji itu lewat jalur legislatif.

Beberapa yang akan dihapus antara lain Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (PBBNKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Selain itu biaya administrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan biaya administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk sepeda motor satuan sentimeter kubik (cc) yang rendah.

"Kebijakan ini akan meringankan beban hidup rakyat. Data-data menunjukkan beban hidup rakyat semakin berat," kata Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu PKS Al Muzzammil Yusuf di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Anggota Komisi III DPR RI itu menjelaskan RUU yang diinisiasi PKS akan bertalian dengan program pemerintah. Kebijakan itu seperti penghapusan pajak melalui tax holiday dan tax amnesty.

"Penghapusan pajak sepeda motor ini akan mengurangi beban pemilik 105 juta sepeda motor. Kebijakan penghapusan pajak roda dua ini adalah bentuk insentif kepada pengguna kendaraan bermotor," ujarnya.

Janji kampanye tersebut berkaitan dengan hajatan politik Pileg 2019. Al Muzzammil tak menampik janji politik itu adalah jurus mendongkrak elektabilitas caleg dari PKS.

“Insya Allah. Ini, kan, kebijakan pusat, itu punya konsekuensi juga disampaikan oleh provinsi, kabupaten, dan kota juga," tuturnya.

Sekretaris Bidang Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Teknologi DPP PKS Handi Risza Idris mengklaim selama ini masyarakat kelas bawah tidak merasakan insentif seperti pengendara roda empat. Misalnya insentif pembiayaan kendaraan masuk tol.

"Ini menjadi janji politik PKS kalau nanti memenangkan Pemilu 2019. Ini akan kami perjuangkan," kata Handi.

Usai Terancam Tak Lolos Parlemen

Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wasisto Raharjo Jati menganggap janji kampanye PKS akan menggangu sumber pendapatan pemerintah daerah. Menurutnya janji itu tak ada urgensinya selain mendongkrak elektabilitas.

"Ini, kan, bagian dari cara PKS untuk meraih simpati dengan cara berpolitik yang itu menyentuh hajat hidup orang banyak," kata Wasisto saat dihubungi reporter Tirto.

Wasisto menilai, PKS berupaya merangkul pemilih baru, sehingga perlu memainkan isu populis. Tujuannya, kata Wasisto, investasi partai mendapatkan efek elektoral.

Berdasarkan beberapa survei paling mutakhir, PKS menjadi salah satu partai yang tidak lolos ambang batas parlemen. Mereka harus mencari cara melanggengkan kadernya ke DPR RI.

Hasil survei Indikator misalnya, PKS hanya mampu memperoleh suara 4 persen. Sedangkan hasil survei litbang Kompas, PKS terancam tidak lolos karena hanya mengantongi 3,3 persen suara.

Pada sisi lain, menurut Wasisto, PKS disibukkan friksi internal. Ini terkait kasus hukum petinggi PKS dengan Fahri Hamzah dan beberapa kadernya di daerah yang mengundurkan diri.

"Saya lihat arah politik PKS saat ini dengan menimbang peta koalisi dengan Gerindra dan juga koalisi Jokowi. Maka peluang untuk menang makin tipis. Oleh karena itu, mereka mulai membidik pemenangan di level daerah sembari memperkuat basis pemilih untuk Pemilu 2024," pungkasnya.

Baca juga artikel terkait PKS atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)
  • [message]
    • [👀 SUMBER BERITA Dan Judul Asli - Mari Kita Sama Sama Cross Check, Pada Dasarnya Situs Ini Hanyalah Mengambil Isi Tulisan Dari Link Dengan Judul Dibawah Ini - Terima Kasih - SUARASOSMED - RAKYAT SOSMED - Bangga Menjadi Bagian Dari Kalian Selama Ini ]
      • [Judul Asli ► Sumber Berita ► 👀👉 TIRTO ]

COMMENTS

loading...
Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,3669,DAERAH,352,EKONOMI,340,INTERMEZO,448,INVESTIGASI,180,JAKARTA,365,Kejadian,379,KIRIMAN NETIZEN,93,KORUPSI,223,KRIMINAL,583,OLAHRAGA,6,OPINI,694,PIALA DUNIA 2018,6,POITIK,1,POLITIK,1346,TEKNOLOGI,3,TERORIS,161,VIRAL,1600,WORLD,172,
ltr
item
SUARA SOSIAL MEDIA: ALAMAK, Terancam Tak Lolos Ambang Batas, PKS Pasang Strategi Gratiskan Pajak Motor Dan SIM Seumur Hidup
ALAMAK, Terancam Tak Lolos Ambang Batas, PKS Pasang Strategi Gratiskan Pajak Motor Dan SIM Seumur Hidup
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mulai menebar janji kampanye. Kader PKS ramai-ramai berjanji menghapuskan pajak kendaraan bermotor dan memberlakukan SIM seumur hidup.PKS berencana menginisiasi rancangan Undang-Undang (RUU) untuk mengeksekusi janji itu lewat jalur legislatif.
https://4.bp.blogspot.com/-VmwsiKtW-1g/W_dP__LZlcI/AAAAAAAA7P4/CA4H-4xqg_YsRIhByjU7EoE9gdaV8HNQQCLcBGAs/s1600/PKS.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-VmwsiKtW-1g/W_dP__LZlcI/AAAAAAAA7P4/CA4H-4xqg_YsRIhByjU7EoE9gdaV8HNQQCLcBGAs/s72-c/PKS.jpg
SUARA SOSIAL MEDIA
https://www.suarasosmed.info/2018/11/alamak-terancam-tak-lolos-ambang-batas.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2018/11/alamak-terancam-tak-lolos-ambang-batas.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy