Loading...

Prestasinya Diklaim Mardani Untuk Prabowo, Clara Sukmawati Undang Sandiaga Mampir Ke Jogya

"Prabowo sudah membuktikan kualitasnya, 26 April 1997, ketika tidak ada satu orang pun dari Asia Tenggara yang mampu menaklukan Everest, Prabowo dengan tim kopasusnya mampu menaklukan gunung tertinggi di dunia. Itu ciri kepemimpinan utama. Prabowo punya kemampuan membereskan masalah," kata Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Mardani Ali Sera di program tv Mata Najwa, Rabu (10/10/2018).


RAKYAT SOSMED - "Prabowo sudah membuktikan kualitasnya, 26 April 1997, ketika tidak ada satu orang pun dari Asia Tenggara yang mampu menaklukan Everest, Prabowo dengan tim kopasusnya mampu menaklukan gunung tertinggi di dunia. Itu ciri kepemimpinan utama. Prabowo punya kemampuan membereskan masalah," kata Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Mardani Ali Sera di program tv Mata Najwa, Rabu (10/10/2018).

Pernyataan Mardani Ali Sera bahwa Prabowo merupakan orang Indonesia yang pertama kali mencapai puncak Gunung Everest masih terus menjadi perbincangan hingga kini.

Ada dua nama yang mematahkan pernyataan Mardani Ali Sera soal pendaki Everest pertama Indonesia.

Pertama ialah Clara Sumarwati, pendaki wanita yang hingga kini disebut-sebeut wanita Indonesia pertama yang mencapai pucak Everest.

Clara Sumarwati mencapai puncak Everest pada tahun 1996.

Itu berarti, satu tahun lebih dulu dibanding pernyataan Mardani Ali Sera.

Akun Twitter @PakarLogik menuliskan panjang lebar soal Clara Sumarwati.

Penjelasan dari akun @PakarLogika, Clara Sumarwati mencapai puncak Everest pada tanggal 26 September 1996.

Clara Sumarwati tercatat sebagai wanita pertama berwarga negara Indonesia sekaligus wanita pertama di ASEAN yang mencapai puncak tertinggi Gunung Everest.

"Nama Clara Sumarwati tercatat sbg penakluk Everest yg ke-836. Nama dan tanggal pencapaiannya tercatat dibuku Everest karya Walt Unsworth (1999), Everest: Expedition to the Ultimate karya Reinhold Messner (1999) & http://EverestHistory.com . Clara Sumarwati dinomor 88 #ReferensiDunia," tulis akun @PakarLogika.

"Fakta bahwa Clara adalah pendaki puncak Everest pertama dikuatkan dgn data Everest Summiteers. Everest Summiteers adalah sebuah organisasi non
profit yg mencatat nama para pendaki yg mencapai puncak Everest. Mereka independen & mereka tdk bisa dibayar," jelasnya.


Untuk menguatkan pernyataan yang ditulis @pakar logika, TribunnewsBogor.com pun mencarinya di situs Everesthistory.com.

Dalam situs tersebut, terlihat jelas nama Clara Sumarwati sebagai orang pertama di Asia Tenggara yang berhasil mencapai puncak Everest pada tanggal 26 September 1996.

Ia berada di urutan ke 88 pada list tahun 1996.

• Wanita Diduga Pendaki Pertama Everest Sampaikan Pesan ke Prabowo-Sandi, Sini Mas Mampir ke Jogja

• Mardani Ali Sera Sebut Prabowo dan Timnya Pendaki Everest Pertama, Putri Gus Dur Ungkap Fakta Lain


Twitter @PakarLogika ()
Clara Sumarwati juga tercatat sebagai penakluk Everest ke-836 sejak tahun 1950-an.

Tak hanya itu, nama Clara Sumarwati ini pun tercatat dalam buku Everest karya Walt Unsworth (1999), Everest: Expedition to the Ultimate karya Reinhold Messner (1999).

Atas prestasinya ini jugalah, Clara Sumarwati mendapatkan penghargaan Bintang Nararya dari pemerintah era Soeharto.

Karena kian ramai diperbincangkan, ada sebuah video wanita diduga merupakan Clara Sumarwati.

• Soal Orasi Mardani Ali, Ternyata Ini Orang Pertama di Asia Tenggara yang Berhasil ke Puncak Everest

• Berhasil Genapi Ekspedisi 7 Summits, 2 Srikandi Unpar Pendaki Everest Dapat Ini dari Jokowi

Video ini diunggah oleh Agus Suhendar, sekira beberapa jam lalu, Jumat (12/10/2018).

Dalam video, wanita tersebut menyampaikan salam pada Prabowo-Sandiaga Uno.

"Selamat pagi salam sejahatrea untuk bapak Prabowo dan bang Sandiaga Uno, hari ini bang Sandiaga Uno ke Jogja yah ? mampir mas ke tempat saya, bermain bersama teman-teman dan bercengkrama di rumah saya.

saya wanita pertama ASEAN yang memecahkan rekor sebagai wanita pertama yang mencapai puncak Everest tahun 1996, terima kasih. 2019 Presiden," kata wanita tersebut


Pernyataan Mardani Ali Sera dianggap semakin keliru ketika muncul lagi fakta baru soal pendaki pertama Everest Indonesia.

Nama Asmujiono digadang menjadi pendaki Indonesia pertama Gunung Everest.

Asmujiono mencapai puncak Gunung Everest pada tahun 1997.

Asmujiono mencapai puncak Everest dalam ekspedia Indonesia Everest 97.

Kisah dari Tim Ekspedisi Everest Indonesia 97 (kadang juga disebut Ekspedisi Indonesia Everest 97 atau Ekspedisi Everest 97) tertuang dalam artikel berjudul "Sang Saka Akhirnya Berkibar di Puncak Dunia" yang ditulis oleh A. Asianto dan Kurniasih T.J. di tabloid Nova edisi 483/X 25 Mei 1997.

Melansir Intisari, Pratu Asmujiono anggota tim yang pertama berhasil mengibarkan Sang Merah Putih di puncak Everest. Dituturkan Muji (panggilan akrabnya), beberapa meter menjelang puncak ia sudah disarankan pelatih dari Moskow untuk mundur karena kondisinya amat payah.

Sebelumnya, Iwan dan Misirin sudah lebih dulu berhenti.

Bukannya menuruti saran, Muji malah nekat maju. Apalagi ia tahu, lokasi untuk menancapkan bendera sudah tak jauh.



"Saya bukan pengecut, mati pun saya rela!" teriak Muji saat itu, sambil berlari ke atas.

Bayangan kematian sempat melintas di hadapan Muji ketika tak sengaja ia menginjak beberapa mayat pendaki yang tewas dalam sejumlah ekspedisi sebelumnya.

"Saya menangis. Tapi begitu teringat tugas negara, saya maju lagi sambil tetap berdoa," kisahnya.

Sedikit demi sedikit, Muji mulai mendekati titik tripod tempat bendera ditancapkan.

Hanya satu meter sebelumnya, "Mendadak pinggang saya nyeri karena kurang minum. Tapi syukurlah, saya masih punya kekuatan menancapkan bendera," cerita Muji yang langsung menangis terharu.

Kenekatan Muji berikutnya, membuka masker oksigen, kacamata, dan sarung tangan serta mengenakan baret merah.

Tindakan itu sebetulnya amat berbahaya karena oksigen amat tipis dan suhu yang jauh di bawah titik beku.

Alasan Muji, "Saya ingin punya bukti dokumentasi gambar jelas. Jangan sampai sudah mempertaruhkan nyawa, nanti buktinya disangsikan.

Pokoknya, saya ingin tampang saya jelas saat difoto atau direkam video."

Menurut Muji, dirinya terpilih sebagai anggota tim karena kondisi fisiknya yang prima. Bujangan asal Malang (Jatim) ini juga kerap menjuarai lomba lari araton, nasional maupun internasional.

"Sebagai anak petani di desa, naik turun gunung sudah biasa saya lakukan waktu kecil. Bahkan saya berangkat ke sekolah dengan berlari," kenang Muji yang bercita-cita mengulang pendakian dari jalur Utara.


  • [message]
    • [๐Ÿ‘€ SUMBER BERITA Dan Judul Asli - Mari Kita Sama Sama Cross Check, Pada Dasarnya Situs Ini Hanyalah Mengambil Isi Tulisan Dari Link Dengan Judul Dibawah Ini - Terima Kasih]
      • [Judul Asli ► Sumber Berita ► ๐Ÿ‘€๐Ÿ‘‰Mardani Sebut Prabowo Capai Everest, Clara Sumarwati Ajak Sandiaga Mampir ke Jogja - Halaman all - Tribunnews Bogor  ]

COMMENTS

Loading...

BERITA LAINNYA$type=sticky$count=4$author=hide$readmore=hide

Name

Beritanya,3345,DAERAH,338,EKONOMI,326,INTERMEZO,424,INVESTIGASI,166,JAKARTA,353,Kejadian,361,KIRIMAN NETIZEN,73,KORUPSI,217,KRIMINAL,544,OLAHRAGA,5,OPINI,679,PIALA DUNIA 2018,6,POITIK,1,POLITIK,1227,TEKNOLOGI,3,TERORIS,156,VIRAL,1500,WORLD,167,
ltr
item
SUARA SOSIAL MEDIA: Prestasinya Diklaim Mardani Untuk Prabowo, Clara Sukmawati Undang Sandiaga Mampir Ke Jogya
Prestasinya Diklaim Mardani Untuk Prabowo, Clara Sukmawati Undang Sandiaga Mampir Ke Jogya
"Prabowo sudah membuktikan kualitasnya, 26 April 1997, ketika tidak ada satu orang pun dari Asia Tenggara yang mampu menaklukan Everest, Prabowo dengan tim kopasusnya mampu menaklukan gunung tertinggi di dunia. Itu ciri kepemimpinan utama. Prabowo punya kemampuan membereskan masalah," kata Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Mardani Ali Sera di program tv Mata Najwa, Rabu (10/10/2018).
https://1.bp.blogspot.com/-Ck38In9dkC8/W8Fikge1Y4I/AAAAAAAA6eg/r_ioQBOYtwQRIFUtZo4f3GA_X4Te67S9QCLcBGAs/s1600/clara%2Bsukmawati%2Bpendaki%2Beverest%2Bpertama%2Bindonesia.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Ck38In9dkC8/W8Fikge1Y4I/AAAAAAAA6eg/r_ioQBOYtwQRIFUtZo4f3GA_X4Te67S9QCLcBGAs/s72-c/clara%2Bsukmawati%2Bpendaki%2Beverest%2Bpertama%2Bindonesia.jpg
SUARA SOSIAL MEDIA
https://www.suarasosmed.info/2018/10/prestasinya-diklaim-mardani-untuk.html
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/
https://www.suarasosmed.info/2018/10/prestasinya-diklaim-mardani-untuk.html
true
987615840204520119
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy